DPRD: Perencanaan Pembangunan Harus Sinergis dan Berkelanjutan

48
Anggota DPRD Kota Metro, Yulianto. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, METRO-DPRD Kota Metro berharap, perencanaan pembangunan harus dilaksanakan dengan baik, sinergis, dan berkelanjutan.

Hal itu, diungkapkan oleh juru bicara perwakilan Fraksi Partai Golkar, PDIP, PKS, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Bangsa, Yulianto. Menurutnya, perencanaan pembangunan harus dilaksanakan dengan baik, sinergis, dan berkelanjutan.

“Sebagai contoh, pembangunan jalan yang tidak disertai dengan pembangunan drainase, sering menimbulkan kerusakan jalan,” kata Yulianto.

Tak kalah penting, lanjut dia, dalam hal pengawasan, peran konsultan pengawas harus lebih maksimal, sehingga kualitas pekerjaan akan lebih baik.

BACA JUGA:  AKP Edi Qorinas Sambangi Makoramil Terbanggi Besar Sampaikan Ucapan HUT TNI Ke-78

“Fungsi pengawasan pembangunan infrastruktur harus lebih ditingkatkan, dan diiringi respons yang cepat,” imbuhnya.

Pada kesempatan tersebut, ia juga menyoroti pemeliharaan infrastruktur jalan yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah daerah. Dalam arti, adanya anggaran pemeliharaan jalan atau pekerjaan rutin yang dilakukan dalam pemeliharaan jalan, tetapi hasilnya kurang maksimal.

“Tidak sedikit ruas jalan yang baru diperbaiki dengan metode tambal sulam, akan tetapi tidak lama kemudian kondisinya sudah rusak lagi. Jadi dinas terkait harus concern, perbaikan jalan dilakukan secara berkala dan memperhatikan aspek kualitas,” tandasnya.

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Serahkan Bantuan Bagi Rumah Warga Tertimpa Pohon

Pihaknya juga mendesak, agar fasilitas konstruksi gedung dan bangunan yang sempat tertunda agar segera direalisasikan, apalagi jika gedung dan bangunan tersebut, berkaitan dengan pelayanan masyarakat. (HL-dwi)