Kakon di Tanggamus Demo, Minta Siltap Dicairkan

55
Kepala Pekon bersama aparatur pekon se-Kabupaten Tanggamus, saat melakukan aksi demo di kantor Pemkab setempat, Senin (25/04/2022). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Kepala Pekon (Kakon) bersama aparatur pekon di Kabupaten Tanggamus, melakukan aksi demo di depan kantor Pemkab setempat, Senin (25/04/2022).

Aksi demo yang dipimpin oleh beberapa Ketua Apdesi Kabupaten Tanggamus, Zudarwansyah tersebut, menuntut segera dicairkan Penghasilan Tetap (Siltap) Kakon bersama aparatur pekon sebelum lebaran tahun ini.

Dalam tuntutannya, Ketua Apdesi Zudarwansyah menyampaikan, beberapa poin yang menjadi dasar tuntutan yakni, meminta Alokasi Dana Pekon (ADP) tahap pertama segera dicairkan sebelum lebaran, kendaraan dinas aparatur pekon segera direalisasikan.

BACA JUGA:  Umar Ahmad-BIN Salurkan 7.500 Dosis Vaksin Covid-19 untuk Pelajar dan Santri di Tubaba

“Kami minta ADP, selama Januari-April 2022 dicairkan sebelum lebaran. Dan, dana hibah Apdesi agar segera dicairkan,” ujarnya.

Setelah selesai menyampaikan tuntutannya, para Kakon yang disabut oleh Asisten I, Faturahman, dan Asisten III Jonsen Vanisa diminta untuk menghadirkan lima orang perwakilan Kakon untuk melakukan mediasi.

Kemudian, setelah mediasi, Ketua Apdesi Zudarwansyah menyampaikan beberapa hasil dari mediasi berdasarkan kesepakatan, bahwa terkait soal proses pencarian dana, pastikan besok sudah ada yang terealisasi.

Ia menambahkan, saat ini Kepala Keuangan Kabupaten Tanggamus, sedang berkoordinasi dengan Bank Lampung dan BRI, sebab proses pencariannya memakan waktu 2 sampai 3 hari.

BACA JUGA:  Pemkab Tanggamus Lakukan Vicon Evaluasi SAKIP dengan Menpan-RB

Penjelasan tersebut, senada dengan keterangan Asisten III Bidang Administrasi, Jonsen Vanisa.
Menurut Jonsen, pihaknya akan segera melakukan verifikasi. Bahkan jika diperlukan lembur hingga pagi hari, karena sudah diperintah pimpinan.

“Selasa, kita usahakan sudah ada yang mulai pencairan. Soal anggaran, semuanya sudah tersedia, dan tidak ada masalah. Sebelum Lebaran, kita akan terbitkan SP2D untuk pencairan,” tandas Jonsen. (HL-Andi/*)