Pringsewu, Simulasi Pilkakon Secara Digital

46

HEADLINELAMPUNG, PRINGSEWU-Kapolres Pringsewu AKBP Rio Cahyowidi SIK diwakili Kabag Ops Kompol Martono menghadiri simulasi pemilihan kepala Pekon (Pilkakon) secara digital atau e-voting di Balai Pekon Wonodadi, Kecamatan Gadingrejo, Rabu (11/05/2022).

Kegiatan disaksikan juga oleh Bupati Sujadi, Forkopimda, dan pejabat Kabupaten Pringsewu, Camat, Para calon kepala pekon (Cakakon), panitia Pilkakon, dan masyarakat.

Simulasi Pilkakon secara e-voting yang digadang-gadang baru pertama kali dilaksanakan di Indonesia tersebut, dipandu langsung oleh tim teknis smart village Provinsi Lampung.

Kapolres Pringsewu, AKBP Rio Cahyowidi melalui Kabag Ops Kompol Martono mengatakan, Pilkakon rencananya akan digelar pada 18 Mei mendatang, akan diikuti oleh 55 calon dan berlangsung di 19 Pekon yang tersebar di 8 kecamatan.

BACA JUGA:  Cegah Corona, Polres Tuba Kerahkan AWC Semprot Desinfektan di Tempat Keramaian

Guna menjamin stabilitas keamanan saat berlangsungnya pilkakon, Polres Pringsewu sudah menyiapkan sekenario pengaman dan personel.

Meskipun tidak menjelaskan secara rinci teknis pengamanan, orang nomor tiga ditubuh Polres Pringsewu tersebut menegaskan, kepolisian dengan di backup TNI telah siap mengamankan jalannya pesta demokrasi tingkat Pekon tersebut.

“Tujuannya adalah memastikan keamanan, kelancaran, ketertiban dan juga memastikan tidak adanya pelanggaran prokes pencegahan Covid-19 dalam hal pelaksanaan Pilkakon di Kabupaten Pringsewu,” jelas Kompol Martono, saat ditemui lokasi simulasi.

BACA JUGA:  LPA Lamteng Berikan Penyuluhan Perlindungan Anak dan Remaja kepada Ormas Aisiah

Ditambahkan Kabag Ops, terkait pemetaan kerawanan Pilkakon, pihaknya telah melakukan identifikasi awal wilayah-wilayah rawan termasuk geografis wilayah sehingga setiap TPS berbeda jumlah personel yang mengamankannya tergantung kriteria tersebut.

“Tentunya hal itu tidak dapat disampaikan ke publik. Namun kami sudah ada kriteria-kriterianya mulai dari kurang rawan, rawan dan sangat rawan. Semoga saja perkiraan tersebut, rawannya karena faktor geografis. Kita berharap bersama dan berdoa bersama, semoga Pilkakon di kabupaten Pringsewu aman, tertib dan bebas dari Covid-19,” pungkasnya. (HL-EOP)