Mengenal Reverse Charging dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

10565
https://pixabay.com/photos/charging-the-battery-power-outlet-2815741/

HEADLINELAMPUNG, JAKARTA-Reverse charging adalah salah satu metode pengisian baterai smartphone yang saat ini banyak digunakan orang karena kecanggihan dan kegunaannya.

Metode ini merupakan pengisian baterai yang memungkinkan smartphone melakukan pengisian daya kepada perangkat lain, seperti jam tangan pintar.

Sehingga banyak orang yang mencari fitur ini saat membeli atau mengganti smartphone. Kenali 5 fungsi dari metode pengisian daya ini sebelum memutuskan membelinya. Tujuannya agar mengetahui bagaimana penggunaan dan apa saja fungsinya.

Pengertian Reverse Charging dan Mitos yang Menyertainya:

Mitos tentang reverse charging sering dikatakan bahwa bisa merusak baterai hp dengan cepat.

Padahal mitos tersebut tidak benar, justru fungsi dari teknologi ini sangat memudahkan pemilik dalam pemakaiannya.

Ketahui 5 fungsi metode pengisian daya ini dalam penggunaan sehari-hari.
Saat ini penggunaan dari pengisian daya baterai menggunakan hp sudah dimiliki banyak brand smartphone yang sudah tersebar.

Masyarakat, tentu bisa memilikinya dengan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kemampuannya. Pahami fungsinya dalam smartphone yang dimiliki.

1. Mudah Digunakan
Pengertian reverse charging menjadi salah satu solusi dalam mengubah hp menjadi powerbank yang bisa digunakan dalam pengisian daya perangkat lain. Sehingga, dalam penggunaan bisa dilakukan dengan mudah karena pengaturan yang sudah disediakan didalamnya.

Penggunaan dari teknologi ini dinilai lebih mudah karena tidak perlu membawa banyak kabel dan mencari stop kontak untuk pengisian daya. Sehingga bisa dilakukan dimasa saja tanpa perlu khawatir baterai akan habis secara mendadak.

2. Bisa Membantu Mengisi Daya Perangkat Lain
Sesuai dengan pengertiannya, ternyata perangkat yang menggunakan teknologi ini bisa mengisi daya untuk perangkat lain dengan mudah. Sehingga, penggunaannya dapat membantu agar semua teknologi pintar dapat terus nyala dimanapun.

Salah satu hp yang bisa reverse charging adalah Vivo X80 Pro yang canggih dengan fitur kekinian. Bukan hanya tampilannya yang bagus, hp ini bisa menjadi powerbank untuk pengisian beberapa teknologi pintar seperti jam tangan dan gelang.

BACA JUGA:  Polres Lamsel Gelar Apel Operasi Yustisi Covid-19

Vivo X80 Pro bukan hanya membantu dalam pengecasan perangkat lain, tetapi juga memiliki banyak kelebihan yang membuat pengguna nyaman dalam pemakaian.

Hp ini sudah didukung dengan layar AMOLED, sensor sidik jari, Qualcomm Snapdragon 8 Gen1, dan kamera kualitas terbaik untuk menangkap layar. Sehingga hasil gambar tetap jernih dan terbaik di setiap momen yang tidak terlupakan.

3. Dapat Dinonaktifkan
Penggunaan pengisian daya ini adalah teknologi terbaru yang ada pada hp yang mendukung. Pastikan dalam penggunaannya, pengaturan sudah disiapkan dan dinyalakan. Sehingga, pengisian daya bisa dilakukan dengan lancar.

Tetapi, jika tidak digunakan lagi, fitur pengecasan ini bisa dinonaktifkan dengan mudah melalui pengaturan. Tujuannya agar tidak selalu dinyalakan setiap saat dan tidak membuat hp cepat habis baterai.

Perlu diketahui, dalam penggunaannya harus didukung dengan teknologi pengisian daya di setiap perangkat.

Tujuannya, agar pengisian daya berhasil dan tidak ada hambatan karena perangkat gagal melakukan pengisian.

Pastikan semua pengaturan pengisian daya sudah diaktifkan dengan benar dan matikan jika tidak digunakan.

4. Berbeda Dengan Pengisian Daya Lainnya
Pada tampilan, mungkin metode pengisian daya ini terlihat sama seperti wireless charging.

Padahal, jika diperhatikan dalam fungsinya sangat berbeda. Wireless charging merupakan pengisian hp tanpa kabel, sedangkan metode ini adalah pengisian daya yang dilakukan hp kepada perangkat lainnya.

Selain itu, ada beberapa metode pengisian yang tidak sama penggunaannya. Seperti magnetic charging, metode ini adalah pengisian hp yang dilakukan dengan cara menempel hp pada powerbank atau tempat charger. Sehingga tidak memerlukan kabel dalam penggunaannya.

Wireless, reverse, dan magnetic charging adalah tiga metode pengisian daya modern dan canggih. Terlihat sama, tetapi penggunaan dan fungsinya berbeda sesuai dengan teknologi yang mendukung pada perangkat tersebut.

BACA JUGA:  Resmikan KTN di Bandarjaya Barat, Ini Harapan Kapolres Lamteng

Maka, pastikan dalam pembelian hp agar mendukung pengisian daya yang diinginkan pengguna. Sebab, tidak semua perangkat memiliki teknologi yang sama atau lengkap dalam pengisian dayanya.

Pilih sesuai kebutuhan dan pastikan teknologi memudahkan di setiap penggunaanya.

5. Tidak Membuat Baterai Cepat Rusak
Reverse charging dinilai bisa membuat baterai hp cepat rusak karena digunakan dalam pengisian daya ke perangkat lain.

Padahal perkataan tersebut tidak benar dan hanya mitos dalam pengisian daya ini. Sehingga, baterai akan tetap aman dan awet walaupun digunakan untuk pengisian perangkat lain saat habis.

Bahkan, penggunaan pengisian daya dengan hp ke perangkat lain dinilai lebih memudahkan jika salah satu teknologi pintar yang dimiliki kehabisan baterai.

Misalnya, penggunaan jam tangan pintar yang baterainya habis bisa dibantu pengisian menggunakan perangkat tersebut.

Selain itu juga bisa digunakan untuk perangkat lain seperti jam tangan atau smartphone lainnya.

Penggunaan pengisian daya ini sangat mudah dan bisa digunakan tanpa kabel. Sebab, teknologi ini mendukung wireless yang penggunaannya bisa melalui metode tempel.

Tujuannya agar pengguna tetap nyaman dan tenang walau baterai di perangkat lain habis.

Salah satu penggunaan reverse charging yaitu pada kelebihan Vivo X80 Pro dengan fitur canggih dan modern untuk menemani segala aktivitas dan komunikasi Anda dengan cepat.

Penggunaan metode pengisian daya ini juga bisa membantu perangkat lain agar tidak kehabisan baterai di waktu yang penting.

Hp Vivo X80 Pro bisa dibeli melalui Blibli dengan aman dan produk dipastikan original.

Blibli merupakan e-commerce yang dipercaya karena pelayanan kepada pengguna yang cepat dan tanggap setiap saat.

Anda tidak perlu khawatir mengenai barang yang dibeli, sebab sudah pasti original dan sampai di depan rumah. (HL-Ogi/*)