DPRD Kota Metro Gelar Rapat Pleno Perubahan Komposisi Anggota Komisi

72
DPRD Kota Metro menggelar rapat pleno perubahan komposisi anggota komisi di Ruang Rapat Utama DPRD setempat. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, METRO-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro menggelar Rapat Pleno Tertutup perubahan komposisi anggota komisi. Dalam rapat tersebut, fraksi-fraksi sepakat tidak ada perubahan anggotanya, dalam komisi yang ada di DPRD setempat.

Ketua DPRD Kota Metro, Tondi MG Nasution mengatakan,  komisi dibentuk oleh DPRD dan merupakan alat kelengkapan DPRD yang bersifat tetap. DPRD menetapkan jumlah komisi pada permulaan masa keanggotaan DPRD dan permulaan tahun sidang.

“Jumlah anggota komisi ditetapkan dalam rapat paripurna menurut perimbangan dan pemerataan jumlah anggota tiap-tiap fraksi pada permulaan masa keanggotaan DPRD dan pada permulaan tahun sidang,” kata Tondi MG Nasution.

BACA JUGA:  Bupati Lambar Hadiri Festival Budaya Lamban Pesagi

Ia meneruskan, sesuai dengan ketentuan setelah dua setengah tahun, susunan keanggotaan komisi dapat dirubah, berdasarkan usulan dari fraksi yang merupakan perpanjangan tangan partai politik (parpol) di DPRD. Pimpinan komisi merupakan satu kesatuan pimpinan yang bersifat kolektif dan kolegial.

“Pimpinan komisi terdiri atas 1 (satu) orang ketua dan paling banyak 3 (tiga) orang wakil ketua, yang dipilih dari dan oleh anggota komisi berdasarkan prinsip musyawarah untuk mufakat dan proporsional. Perubahan hanya terdapat pada posisi Sekretaris Komisi II, selebihnya tidak ada perubahan,” urainya. (HL-Dwi)

Susunan dan Keanggotaan Komisi DPRD Kota Metro:

Komisi I yang mempunyai bidang tugas dan ruang lingkup bidang hukum, pemerintahan, sumber daya manusia (SDM) dan Administrasi:

BACA JUGA:  Jamaah Haji Lambar Dijadwalkan Tiba 19 Juli

Ketua: Didik Isnanto
Wakil Ketua: Indra Jaya
Sekretaris: Amrulloh
Anggota: Adi Prasetyo
Wasis Riyadi
Abdulhak
M. Fermanto

Komisi II yang mempunyai bidang tugas dan ruang lingkup bidang kesejahteraan rakyat dan keuangan:

Ketua: Fahmi Anwar
Wakil Ketua: Ancilla Hernani
Sekretaris: Iin Dwi Astuti
Anggota: Maryati
Yulianto
Ansori
Ratni Makarau
Wahid Asngari

Komisi III yang mempunyai bidang tugas dan ruang lingkup ekonomi dan pembangunan:

Ketua: Subhan
Wakil Ketua: Ahmadi
Sekretaris: Ria Hartini
Anggota: Kun Komaryati
Deswan
Basuki Rahma
D. Shantory (**)