Ketua TP-PKK Lampura Harapkan Potensi Desa Diberdayakan

17
Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara, Nur Endah Sulastri Budi Utomo penilaian lomba desa dan kelurahan, di Desa Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi, Selasa (24/05/2022). (foto: Diskominfo)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG UTARA-Ketua TP-PKK Kabupaten Lampung Utara (Lampura), Nur Endah Sulastri Budi Utomo mengatakan, setiap desa memiliki potensi sesuai dengan karakteristiknya. Keindahan alam, dan keunikan desa adalah potensi yang dapat diberdayakan masyarakat.

Penegasan itu, disampaikan Nur Endah saat menghadiri klarifikasi lapangan penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat kabupaten tahun 2022, di Desa Sidokayo Kecamatan Abung Tinggi Kabupaten Lampura, Selasa (24/05/2022).

Dikatakannya, potensi besar yang dimiliki desa atau kelurahan jika tidak digali, dan dikembangkan tidak akan ada hasilnya. Sehingga, wajib dioptimalkan agar mempunyai nilai lebih.

Apalagi, imbuhnya, sejak diberlakukannya Undang-Undang tentang desa. Dan, kini desa memiliki otoritas yang sangat besar, untuk memutuskan sendiri setiap pembangunan yang akan dilakukan.

BACA JUGA:  Layanan Plotting On the Spot, Pertanahan Kota Metro Targetkan Digitalisasi 6 ribu Bidang Tanah

“Jadi, untuk mengukur tingkat ketercapaian program pembangunan desa, maka dilakukan klarifikasi lapangan penilaian lomba desa dan kelurahan,” jelas Nur Endah.

Dikatakannya, penilaian lomba desa dan kelurahan tersebut, mengacu Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No: 81/2015, tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Permendagri No: 81/2015, mengamanatkan agar seluruh desa dan kelurahan di Indonesia dilakukan evaluasi tingkat perkembanggannya,” imbuhnya.

Menurut Nur Endah, evaluasi ini dimaksudkan untuk mengetahui efektivitas, tingkat perkembangan, kemajuan, kemandirian, keberlanjutan pembangunan, kesejahteraan masyarakat serta daya saing suatu desa dan kelurahan.

Kemudian, lanjutnya, dari instrumen pemantauan, pengungkap data dan nilai, maka desa dan kelurahan akan digolongkan menjadi tiga kategori yakni, cepat berkembang, berkembang, dan kurang berkembang.

BACA JUGA:  Polres Tanggamus Bekuk 2 Tersangka Curat dan Amankan 14 Sepeda Motor

“Mudah-mudahan, setelah klarifikasi lapangan, Desa Sidokayo ini dapat terpilih di tingkat kabupaten, dan layak menjadi yang terbaik di Provinsi Lampung. Bahkan, sampai Regional Sumatera, sehingga menjadi desa contoh yang diundang dalam acara temu karya nasional di Jakarta untuk mendapatkan penghargaan,” harapnya.

Dia juga mengharapkan, desa dan kelurahan di Kabupaten Lampura dapat meraih prestasi terbaik tingkat provinsi dan nasional.

“Mari kita jadikan momentum ini, untuk meningkatkan semangat kebersamaan, berjuang membangun Kabupaten Lampura agar senantiasa aman, agamis, maju dan sejahtera,” tandasnya.(HL-BBR)