Nanang ke Jakarta, Terima Penghargaan dari Mendagri

40
Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG SELATAN-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Selatan kembali meraih penghargaan. Kali ini, penghargaan diberikan sebagai kabupaten dengan realisasi APBD tertinggi se-Indonesia pada tahun 2021.

Rencananya, penghargaan itu akan diserahkan secara langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian Kepada Bupati Lampung Selatan (Lamsel), Nanang Ermanto di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (02/06/2022).

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Lamsel, Wahidin Amin menyatakan, keberhasilan capaian realisasi APBD
Pemkab Lamsel tersebut, diungkapkan langsung oleh Mendagri Tito Karnavian pada rapat koordinasi (Rakor) di Mahan Agung Pemprov Lampung, pada 5 Januari 2022 lalu.

BACA JUGA:  PT BMM Way Kanan Berikan Bantuan 1.500 Sembako untuk Warga Isoman

“Informasi kita dapatkan dari Kemendagri, pada saat itu sedang acara di Gedung Pusiban Pemprov Lampung. Disebutkan, bahwa Lamsel termasuk yang tertinggi se-Indonesia, realisasi belanjanya,” kata Wahidin saat dihubungi melalui ponselnya, kemarin.

Ia mengatakan, realisasi belanja Pemkab Lamsel tahun 2021 mencapai 95,90 persen. Dan, keberhasilan ini tidak terlepas dari peran Bupati Nanang Ermanto yang terus mendorong jajarannya, agar melakukan serapan anggaran lebih awal.

BACA JUGA:  Diduga Lakukan Pemerasan, Kantor Inspektorat Digeledah Kejati Lampung

Selain itu, imbuhnya, Pemkab Lamsel juga selalu melakukan evaluasi secara berkala terhadap beberapa perangkat daerah. Sehingga, para Kepala OPD dapat mengambil langkah tepat, guna mencapai target penyerapan anggaran pada masing-masing instansi.

“Kita melakukan evaluasi rutin, ada beberapa perangkat daerah yang dilakukan evaluasi rutin. Kita ada bagian bina program, ada program di aplikasi, dan mereka itu yang bisa mengontrol realisasi anggaran, dan fisik di masing-masing perangkat daerah. Berdasarkan laporan itu, maka kita lakukan evaluasi untuk tindakan selanjutnya,” tandas Wahidin. (HL-Bud/*)