Walikota Eva Dwiana Bantu Habib Rp10 Juta

45
Walikota Eva Dwiana saat menggendong M Habib Al- Rasyid, balita yang memiliki gangguan sistem pencernaan dari lahir. (foto: Nuy)

HEADLINELAMPUNG, BANDAR LAMPUNG-Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung menyalurkan bantuan uang tunai Rp10 juta, kepada M Habib Al- Rasyid, balita yang memiliki gangguan sistem pencernaan dari lahir.

Diketahui, M Habib Al- Rasyid tinggal bersama orang tuanya, di Jalan Ki Maja Gg Pisang Kelurahan Wayhalim Permai, Kecamatan Wayhalim Kota Bandar Lampung.

Walikota Eva Dwiana mengatakan, penyerahan bantuan uang tersebut untuk biaya pengobatan M Habib. Karena, sebelumnya.telah menjalankan operasi karena tidak bisa buang air besar (BAB), namun bayi 12 bulan itu belum pulih seutuhnya.

Bahkan, pasca operasi M Habib mengalami gangguan penglihatan, dan sempat koma selama 3 hari.

“Hari ini pemerintah kota datang ke rumah Habib dan keluarganya untuk memberikan tali kasih.

“Khusus Habib, sekarang sudah sehat.
Tinggal matanya, kemarin sempat kritis. Karena, matanya terganggu dan nanti akan kita tangani. Namun, perut Habib sudah bagus setelah operasi,” ujar Walikota Eva Dwiana, Selasa (21/06/2022).

BACA JUGA:  DPRD Pringsewu Setujui Raperda PKD Menjadi Perda

Bahkan, Eva juga berjanji akan memberikan pendampingan, dan pemantauan sampai bayi laki-laki itu sehat seperti anak pada umumnya.

“Semoga matanya cepat sembuh, dan bisa melihat keindahan. Mohon doanya, untuk Habib terus sehat,” katanya.

Sementara itu, Novita Sari (32) ibu dari M Habib mengucapkan terimakasih kepada Walikota Eva Dwiana, yang sudah menyempatkan mampir dan memberikan bantuan.

“Habib dioperasi, karena tidak bisa BAB sejak lahir, dan tadi diberikan Rp10 juta sama Bunda Eva. Alhamdulillah terimakasih banyak,” ujar Novita

Dikatakannya, Habib merupakan anak ke 3 dari tiga saudara. Dimana anak pertama berumur 10 tahun, kemudian kedua usianya saat ini 5 tahun. Sementara, ayahnya merupakan buruh bangunan.

BACA JUGA:  Disnaker Lampung Kembali Terima PMI dari Malaysia dan Singapura

Novita menyatakan, bantuan dari Pemkot tersebut akan digunakan untuk pengobatan Habib supaya lebuh sehat. “Harapannya, sehat terus. Bunda Eva juga sehat dan kerjanya lancar,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri menyampaikan, bahwa M Habib di diagnosa mengidap Hirschsprung’s Disease.

“Penyakit Hirschsprung, adalah gangguan pada usus besar yang menyebabkan feses atau tinja terjebak di dalam usus. Penyakit bawaan lahir yang tergolong langka ini bisa mengakibatkan bayi tidak dapat BAB sejak dilahirkan. Saraf di usus besar berfungsi untuk mengontrol pergerakan usus,” pungkasnya. (HL-Nuy)