Musa Ahmad Berharap, Lamteng Wakili Lampung di Tingkat Nasional

60
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad bersama Ketua TP-PKK, Mardiana Musa Ahmad saat mendampingi Ketua Tim Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan, Zaidirina, Rabu (22/06/2022). foto: Diskominfo)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH-Tim Penilai Klarifikasi Lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung, mengunjungi Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusan Nunyai Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Rabu (22/06/2022).

Tim Lomba Desa dan Kelurahan Provinsi Lampung dipimpin oleh Zaidirina didampingi Bupati Musa Ahmad bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Lamteng, Mardiana Musa Ahmad.

Kegiatan tersebut, dihadiri juga oleh Forkopimda, Kepala Organisasi Perangkat Daerah, (OPD), Camat dan kepala kampung (Kakam) di Kecamatan Terusan Nunyai.

Kedatangan Zaidirina bersama rombongan, untuk melakukan penilaian klarifikasi lapangan di Kampung Bandaragung, yang mewakili Kabupaten Lamteng, dalam Lomba Desa dan Kelurahan tahun 2022.

Zaidirina menjelaskan, Lomba Desa dan Kelurahan dilakukan sebagai upaya, mengevaluasi tingkat perkembangan kampung (desa), dan kelurahan.

“Perkembangan tersebut, dapat dilihat melalui tiga aspek yakni, pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan sesuai Permendagri No: 81/2015,” ujarnya.

BACA JUGA:  Modus Barter Motor Melalu COD di Medsos, Seorang Buruh Diringkus Tekab 308 Polsek Terusan Nunyai

Zaidirina menyatakan, tujuan dilaksanakan Lomba Desa dan Kelurahan, untuk melihat sekaligus mengevaluasi perkembangan kampung dari tiga aspek sesuai dengan Permendagri.

Zaidirina yang juga Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) mengatakan, perlombaan Desa dan Kelurahanntahun 2022, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini, kegiatannya berada pada kondisi endemi Covid 19. Namun, meskipun pandemi Covid-19 sudah cukup melandai, penerapan protokol kesehatan (Prokes) pada pelaksanaan lomba harus tetap dilakukan,” imbuhnya.

Zaidirina juga meminta kepada Kepala Kampung (Kakam), beserta perangkatnya agar dapat memberikan data yang akan dijadikan bahan oleh tim penilai, untuk menentukan potensi serta saran perbaikan yang harus dilaksanakan.

“Data itu dibutuhkan, agar proses penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan, dan pemberdayaan masyarakat akan semakin berhasil guna dan berdaya guna untuk Provinsi Lampung Berjaya,” tukasnya.

BACA JUGA:  PWI Tanggamus Bagikan Masker Tangkal Corona

Sementara itu, Bupati Lamteng Musa Ahmad menyatakan, Lomba Desa dan Kelurahan merupakan agenda rutin setiap tahun, dengan mengambil tema ‘Desa dan Kelurahan Tangguh, Ekonomi Masyarakat Tumbuh’

“Tahun ini, Kampung Bandaragung mewakili Kabupaten Lamteng dalam ajang Lomba Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Lampung,” ujarnya.

Musa Ahmad berharap, Lomba Desa dan Kelurahan ini akan menambah motivasi, dan pengalaman serta pembelajaran untuk pemerintahan kampung di Kabupaten Lamteng. Khususnya, Kampung Bandaragung.

Kemudian, lanjutnya, menjadi bahan evaluasi bagi Kampung Bandaragung ditindak lanjuti, dan diperbaiki dimasa mendatang.

“Kami berharap, tahun 2022 Kabupaten Lamteng bisa mewakili Provinsi Lampung, dalam Lomba Desa dan Keluruhan tingkat Nasional,” tandasnya.(HL-Gunawan)