PM Peduli Lambar, Bersihkan Eceng Gondok di Danau Ranau

159
Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus menyerahkan bantuan 4.500 bibit dalam kegiatan PM Peduli, di Kecamatan Lumbok Seminung. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat bersama PT Suri Tani Pemuka (STP) Japfa Comfeed Group menggelar Pemberdayaan Masyarakat (PM) Peduli.

Kali ini, kegiatan PM Peduli membersihkan eceng gondok di Danau Ranau dan lingkungan untuk Lumbok Seminung agar terlihat harmonis, elok, bersih, aman, dan tertata (Hebat).

Dalam kegiatan PM Peduli tersebut, Bupati Lampung Barat (Lambar), Parosil Mabsus menyerahkan bantuan bibit sebanyak 4.500 batang untuk Kecamatan Lumbok Seminung, Sekolah Adiwiyata, serta pemberian penghargaan kinerja kebersihan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan kecamatan serta pemberian penghargaan lomba kreasi daur ulang sampah plastik tingkat SMP/MTs dan SMA/MAN/SMK.

“Pemberian bibit, dan penghargaan itu, merupakan wujud komitmen Kabupaten Lambar sebagai kabupaten konservasi, dalam rangka mewujudkan lingkungan hidup yang berkelanjutan,” ujar Parosil.

Menurutnya, momen ini merupakan salah satu akses dari komitmen Pemkab Lambar, membentuk sistem sosial dalam menjaga keseimbangan untuk menciptakan lingkungan yang sehat, dan bersih serta mewujudkan kabupaten konservasi.

BACA JUGA:  Bacabup Lamsel Bagikan 30 Ribu Kaos

“Salah satu wujud nyata, komitmen kabupaten konservasi adalah menciptakan lingkungan yang aman dari pencemaran,” imbuhnya.

Parosil menyatakan, selain dikenal sebagai penghasil sayur mayur dan kopi, Lambar juga memiliki potensi besar pada perikanan, khususnya ikan nila ranau.

“Keramba Jaring Apung (KJA), menjadi salah satu usaha yang memiliki nilai ekonomi yang menjanjikan. Namun, peningkatan ekonomi ini, harus tetap memperhatikan kelestarian lingkungan.
Karena, resiko lingkungan yang harus diwaspadai adalah, pencemaran dari enceng gondok akibat aktivitas usaha KJA,” jelasnya.

Parosil menyatakan, timbulnya enceng gondok merupakan indikator pencemaran, karena tumbuhan tersebut dikenal dapat menyerap logam berat, merkuri, nikel, dan residu pestisida.

Maka, lanjutnya, semakin banyak enceng gondok di suatu perairan, diindikasi perairan tersebut tercemar. Pasalnya, eceng gondok yang tidak diolah dengan baik, tentu juga akan menambah timbulan sampah.

Sementara itu, Kepala Pabrik PT STP Japfa Comfeed Group Bandar Lampung Hengki, Santoso mengatakan, perusahaanya bergerak di bidang pembudidayaan ikan, mulai dari pakan, pembenihan, hingga pembesaran ikan yang dilakukan secara berkelanjutan dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan.

BACA JUGA:  Polsek Kalianda Amankan Pelaku Curat

“Kami bersama Pemkab Lambar, dan masyarakat bergerak di sekitar Danau Ranau membersihkan eceng gondok. Selain itu, kami juga mengajak petani ikan KJA pembudidayaan ikan yang berkelanjutan, dan menjaga kelestarian alam Danau Ranau untuk lebih baik,” ujarnya.

Hengki juga menyatakan, bahwa perusahaanya berkomitmen tidak akan merugikan petani lokal, dan bermitra dengan para petani lokal dengan harapan budidaya KJA, dapat dilakukan secara ramah lingkungan dan bertanggung jawab.

Sedangkan tokoh masyarakat Kecamatan Lumbok Seminung, Ahmad Sahril mengharapkan, kegiatan PM Peduli dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk menjaga lingkungan.

“Kami mengucapkan terimakasih, kepada Bupati Parosil dan Wakil Bupati (Wabup) Mas Hasnurin, yang menggelar kegiatan PM Peduli di Kecamatan Lumbok Seminung,” ujarnya. (HL-Hendri/*)