Pemkot Metro Terima Tambahan 700 Dosis Vaksin PMK

58
Kepala DKP3 Kota Metro, Herry Wiratno. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, METRO-Pemerintah Kota (Pemkot) Metro kembali mendapatkan tambahan vaksin hewan ternak. Vaksinasi diberikan untuk mengantisipasi menularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, Herry Wiratno membenarkan, Pemkot Metro mendapatkan tambahan vaksin PMK dari Kementerian Pertanian (Kementan), jumlahnya 700 dosis.

“Benar, Pemkot Metro mendapatkan tambahan 700 dosis vaksin PMK. Rencananya besok akan mulai kita suntikan lagi ke sapi-sapi yang sehat,” kata Herry Wiratno, Senin (18/07/2022). 

Dijelaskannya, vaksinasi akan diutamakan bagi daerah di zona hijau. Namun untuk zona merah pemberian vaksinasi akan tetap diberikan khusus untuk sapi yang sehat.  

BACA JUGA:  Sebanyak 46 Pegawai DPM PTSP dan Naker Lampung Barat Di-swab

“Pemberian vaksin PMK,  diutamakan dua daerah yang hijau. Tapi untuk daerah zona merah tetap diberikan khusus untuk sapi yang sehat,” jelas dia. 

Ia juga menyebutkan, sampai saat ini sudah ada 500 dosis vaksin yang disalurkan. Kemudian nanti akan ditambah dengan 700 dosis vaksin baru. Namun ia mengaku jumlah vaksin yang diberikan tersebut belum mampu memenuhi kebutuhan seluruh sapi. 

“Populasi ternak 8.976 ekor. Jadi masih banyak yang kurang. Tapi nanti kita akan dorong terus untuk penambahan vaksinasi,” ucapnya.

BACA JUGA:  Ketua DPRD Lamteng Serahkan Bantuan Bilik Sauna Rempah Nusantara

Menurut Herry,  hingga kini 3 wilayah di Kota Metro masuk dalam zona merah PMK. Di antaranya di Kecamatan Metro Selatan, Kecamatan Metro Pusat dan Kecamatan Metro Utara. Sementara itu, untuk dua daerah lainnya yakni di Kecamatan Metro Barat dan Metro Timur masuk zona hijau.

“Berdasarkan laporan yang masuk,  sampai sekarang tinggal 1 sapi yang masih sakit. Sisanya sudah sembuh. Tapi kita terus pantau agar tidak terjadi penularan PMK ke daerah-daerah lainnya,” ungkap dia. (HL-dwi)