Sekdakab Tanggamus Tinjau Pasar Semi Modern Talang Padang

38
Sekdakab Tanggamus, Hamid Heriyansah Lubis memberikan keterangan kepada sejumlah wartawan, usai meninjau kesiapan Pasar Semi Modern Talang Padang, Selasa (26/07/2022). (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS-Untuk menghindari tumpang tindih, pengelola Pasar Semi Modern Talang Padang, Pemkab Tanggamus akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), pihak pengembang pasar.

Hal itu, disampaikan Sekdakab Tanggamus, Hamid Heriyansah Lubis usai meninjau kesiapan Pasar Semi Modern Talang Padang, Selasa (26/07/2022).

“Secepatnya, kami akan menggelar Rakor dengan OPD, terkait teknis pengelolaan Pasar Semi Modern Talang Padang,” ujar Lubis.

Dikatakannya, tujuan dilakukannya rapat teknis untuk menghindari tumpang tindih kewenangan, antara pihak pengembang dengan Pemkab Tanggamus.

Contohnya, kata Lubis, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pembuangan sampah sementara sampai akhir. Meskipun, menjadi tanggungjawab Camat. Tapi, pembinaan, dan pengawasan dilakukan oleh DLH.

BACA JUGA:  Kejari Lambar Hentikan Perkara Penganiayaan di Kebun Sawit

Kemudian, lanjutnya, PU juga akan lakukan kajian, terkait pembuatan talut di siring sayap kanan Pasar Semi Modern Talang Padang yang dilaksanakan tahun 2022.

“Dinas Perhubungan, melakukan menertibkan kendaraan untuk parkiran, karena ada retribusi, dan UPT yang mewakili Pemda sebagai koordinator sejumlah pasar di Kecamatan Talang Padang. Ini, harus sama-sama berjalan baik, dari pengembang maupun dari Pemda,” tukasnya.

Jadi, imbuh Lubis, UPT harus memperbaiki tata kelolanya, bersifat transparan, amanah tidak ada kutipan-kutipan tanpa regulasi yang jelas.

BACA JUGA:  Nunik Bantah Terima Uang Rp1 Miliar di Sidang Kasus Fee Proyek Lampung Tengah

“Pengembang pasar ini, kerja sama dengan Pemda selama 25 tahun. Jadi, tolong amanahnya, dijaga dengan baik. Karena, pasar sudah baik infrastrukturnya,” kata Lubis.

Sementara itu, terkait pasar sementara yang berlokasi di sekitar depan kantor Camat Talang Padang, diharapkan pihak pengembang untuk memfasilitasi perpindahan para pedagang.

“Saya minta, PT Lingga selaku pengembang Pasar Semi Modern Talang Padang, memfasilitasi perpindahan para pedagang di pasar sementara tersebut,” tandasnya. (HL-Andi/*)