Karang Taruna Bersama Disdikbud Pesawaran akan Gelar FKL 2022

80
Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesawaran. (foto: ist)

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN-Pengurus Karang Taruna bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesawaran akan menggelar Festival Ketipung Lampung pada 29 Juli 2022 mendatang.

Kegiatan Festival Ketipung Lampung (FKL) yang digagas oleh Karang Taruna bersama Disdikbud, dan Ikatan Sanggar Makhga Waylima itu, dalam rangka memeriahkan HUT ke-15 Kabupaten Pesawaran, akan diikuti peserta dari kalangan emak-emak maupun muli Mekhanai.

BACA JUGA:  Polres Mesuji Gagalkan Pengiriman 15 Kg Sabu-sabu

Untuk diketahui, Ketipung merupakan seni budaya masyarakat Lampung, dalam acara manjau maju yang dimainkan oleh muli mekhanai maupun emak-emak, untuk menghibur pengantin yang baru menikah.

Kabid Kebudayaan Karang Taruna Pesawaran sekaligus Ketua Pelaksana FKL, Firmansyah mengatakan, respon masyarakat sangat positif dengan adanya kegiatan tersebut.

“Respon masyarakat sangat baik, dan untuk saat ini yang sudah mendaftar sekitar 30 sanggar,” kata Firmansyah, Rabu (27/07/2022).

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Lepas Pramuka Peduli Cegah Covid-19

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Pesawaran, Nurul Azmi mengatakan, ditengah modernisasi adat istiadat budaya Lampung tergerus oleh zaman, dan pemuda harus melestarikan adat istiadat yang kita miliki.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa merangsang muli mekhanai Pesawaran, untuk melestarikan adat seni budaya Lampung,” ujar Azmi.(HL-Yudhi)