BIDIK dan IDI Lamteng Gelar Bakti Sosial Pemeriksaan Kesehatan dan Layanan Vaksinasi Gratis

119
Ketua Ormas BIDIK dan Ketua IDI Lamteng saat berfoto bersama panitia bakti sosial di Kampung Indra Putra Subing, Terbanggi Besar, Kamis (18/8/2022). Foto Ist

HEADLINE LAMPUNG, LAMPUNG TENGAH — Momentum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke 77 jajaran pengurus dan anggota Ormas Bidik Lampung Tengah bekerja sama dengan Ikatan dokter Indonesia (IDI) Lamteng menggelar bakti sosial dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi gratis, di Kampung Indra Putra Subing, Kecamatan Terbanggi Besar, Kamis (18/8/2022).

Warga antusias menyambut program pemeriksaan dan vaksinasi gratis disambut tersebut, panitia juga membuka layanan gratis program cek kesehatan yakni, cek gula darah, kolesterol, asam kemudian warga yang hadir juga mendapatkan susu gratis yang diberikan oleh Ormas Bidik.

Hal itu dijelaskan oleh koordinator kegiatan Muhammad Herman yang juga Ketua Ormas Bidik Lamteng.

Herman mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada kepala puskesmas dr.Josi Harnos, MARS dan tim RS. Putri Bungsu yang diwakili oleh dr. Muhammad Fadly sebagai wakil direktur RSIA. Kemudian hadir juga Maria Anike perwakilan dari RS Mitra Mulia Husada yang turut terlibat secara langsung hingga program pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi bisa terlaksana dengan sukses.

“Alhamdulilah kepada teman dan seluruh team  yang turut serta membantu kegiatan sehingga kegiatan bisa berjalan lancar,” jelas Herman Ketua Bidik Lamteng .

BACA JUGA:  DPRD Way Kanan Gelar Paripurna Pengesahan Raperda PJP APBD 2019

Pihaknya juga menyampaikan terimakasih  kepada IDI Lamteng yang telah membantu hingga terselenggaranya kegiatan sosial tersebut.

“Semoga kedepan nantinya Ormas Bidik Lamteng dapat lebih bermanfaat lagi kepada masyarakat dan dapat membantu memfasilitasi setiap program yang dapat memudahkan masyarakat kampung untuk. mendapatkan layanan dari pemerintah secara gratis, ” ungkap Herman.

Sementara Ketua IDI Lamteng, dr. Josi Harnos MARS juga menyatakan terimakasih terhadap semua pihak yang terlibat secara langsung dalam penyelenggaraan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi gratis.

Ucapan dan Ungkapan Terimakasih tersebut disampaikan kepada 1. Puskesmas Bandarjaya 2. Puskesmas pPoncowati. 3. Ormas BIDIK. 4. RS YUKUM MEDICAL CENTER
5. RS MITRA MULIA HUSADA. 6. RSIA PUTI BUNGSU. 7. RSIA PURI ADHIA PARAMITHA
8. RS MITRA MULIAA HUSADA.
9. KLINIK RAHAYU 10. APOTIK RAFAEL

dr. Harnos menjelaskan kegiatan tersebut merupakan kegiatan screening kesehatan kepada masyarakat secara terpadu yang melibatkan sejumlah pihak, diantaranya Ormas Bidik Lamteng.

” Kegiatan ini adalah  screening kesehatan kepada masyarakat dalam wilayah kerja PUSKESMAS BANDARJAYA secara terpadu dengan melibatkan beberapa sektor ,” katanya.

Diantara pihak yang terlibat menurut dr Harnos, yakni  RS, Klinik, ormas dan seluruh kader-kader  kesehatan dengan nilai kesadaran sosial tanpa pemaksaan atau tekanan apapun.

BACA JUGA:  Wabup Pringsewu Lepas Pramuka Peduli Cegah Covid-19

“Ide kegiatan ini sebenarnya diawali oleh pemikiran dari Camat Terbanggibesar. Yang melihat tingginya angka penderita TBC di wilayah Terbanggibesar, data yang menunjukan suspect sasaran  pemderita TBC tertinggi di Kabupaten Lmpung Tengah, ” terang Ketua IDI.

Lalu Ide tersebut lanjut Harnos disambut baik oleh UPTD PKM BANDARJAYA dan UPTD PKM PONCOWATI.

“Kami lamgsung membuat rencana tindak lanjut. Namun karena masalah besar ini diyakini tidak memungkinkan bisa berjalan jika hanya mengandalkan petugas kesehatan puskesmas. Maka dilakukan sebuah gebrakan besar untuk merangkul semua stake holder termasuk kader kesehatan dan organisasi kemasyarakatan.

“Tujuanya untuk membantu mensosialisasikan dan mengumpulkan masa agar kesadaran masyarakat untuk tetap sadar hidup sehat, ” imbuhnya.

Harnos menambahkan program tersebut disempurnakan lagi dengan dibukanya pelayanan kesehatan terpadu serta pemeriksaan kehamilan untuk ibu hamil serta pemantauan tumbuh kembang anak.

“Tanpa diduga duga ternyata antusias masyarakat begitu luar biasa menyambut kegiatan ini.  Kami berharap hal ini bisa dijadikan sebuah pilot projek pelaksanaan salah satu konsep kesehatan Penta Helix untuk mewujudkan masyarakat yang sehat sehingga selalu dapat berkarya dan produktife, ” pungkasnya. (HL-Gunawan)