Ditinjau Gubernur, Musa : Pilkakam Serentak  Aman dan Kondusif

61

HEADLINE LAMPUNG, LAMPUNG TENGAH – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Kampung (Pilkakam) serentak di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) tahun 2022 berlangsung secara aman dan kondusif.

Pada kegiatan Pilkakam serentak tersebut Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi didampingi Kapolda Lampung Irjen Pol. Akhmad Wiyagus, Pj. Bupati Tubba, Zaidirina,  Kapolres Lamteng, AKBP Doffie Fahlevi Sanjaya dan Dandim 0411 Kota Metro Letkol Inf Sihono menijau salah satu TPS di balai Kampung Wates Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Rabu (24/8/2022).

Bupati Lamteng melaporkan Pilkakam secara serentak kepada Gubernur Lampung dilaksanakan di 82 Kampung, di 27 Kecamatan, diantaranya 77 dilaksanakan secara manual sedangkan 5 Kampung telah menggunakan E-Voting.

Bupati menjelaskan 5 Kampung yang telah melaksanakan pemilihan  secara E-Voting yakni, Kampung Wates Kecamata Bumi Ratu Nuban, Kampung Kalisari Kecamatan Kalirejo, Kampung Gunung Agung Kecamatan Anak Tuha, Kampung Pujo Basuki Kecamatan Trimurjo dan Kampung Restubuana Kecamatan Rumbia.

BACA JUGA:  Pemdes Taman Asri Keliling Dusun Semprot Disinfektan

Dengan jumlah calon Kepala Kampung 275 calon yang terdiri dari 248 Laki Laki dan 27 Perempuan.”Semuanya berjalan lancar aman dan kondusif, ” ujar Bupati.

Gubernur  Arinal Djunaidi menyatakan pada pelaksanaan Pilkakam  harus berpedoman pada protokol kesehatan. “Bahwa pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak harus memperhatikan kondisi wilayah sesuai rekomendasi,” tegas Gubernur.

Untuk itu menurut Gubernur, memperkuat koordinasi dengan Forkopimda Kabupaten dan Forkopimcam untuk mempersiapkan seluruh tahapan pilkades serentak dengan penerapan protokol kesehatan.

“Peran TNI dalam Pam Pilkades adalah tugas bantuan kepada Pemda dan POLRI dalam konteks Kamtibmas dan bantuan distribusi logistik Pilkades bila diperlukan, ” ujar Gubernur.

BACA JUGA:  Kartu Tani di Lampung Dimodifikasi Jadi Kartu Petani Berjaya

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi meminta k Bupati Lampung Tengah  Musa Ahmad agar segera menyampaikan laporan hasil pemilihan kepala desa selambat-lambatnya 14 hari setelah melaksanakan Pemilihan Kepala Kampung Serentak.

“Selamat mempersiapkan   pelaksanaan tahapan berikutnya pelantikan kepala desa terpilih, ” kata Gubernur.

Pemilihan Kepala kampung serentak 5 diantara Kampung telah menggunakan E-Voting di pantau  secara langsung oleh Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri melalui virtual Zoom Meeting.

Pemantauan terkait Pilkakam serentak itu pun melalui para Camat di 5 Kecamatan, yang mana para camat dapat secara langsung melaporkan kegiatan yang sedang berlangsung di TPS masing-masing kampung.
(HL-Gunawan)