DPRD Gelar Paripurna Sambut HUT Ke-31 Lampung Barat

11
Bupati Lambar saat menyerahkan potongan tumpeng kepada ketua DPRD. Foto Ist

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menggelar Rapat paripurna dengan acara mendengarkan pidato Bupati Lampung Barat dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat, Jumat (23/9/2022).

Rapat paripurna menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-31 Kabupaten Lampung Barat ini memiliki suasana berbeda sebab seluruh para peserta rapat mengenakan pakaian adat sebagai simbol kekayaan dan kekentalan adat budaya yang dimiliki Kabupaten Lampung Barat.

Melalui pidato pembuka yang disampaikan Ketua DPRD Lambar, Edi Novial, dirinya memaparkan sejarah singkat berdirinya Kabupaten Lampung Barat yang dalam kurun waktu 31 Tahun ini sudah mengalami 6 (enam) kali pergantian Kepemimpinan, yakni Hakim Saleh Umpu Singa (Periode 1992 s/d 1997), I Wayan Dirpha (Periode 1997 s/d 2002), Ir. Erwin Nizar T. dan wakilnya Drs. Hi. Mukhlis Basri (Periode 2002 s/d 2007), Drs. Hi Mukhlis Basri dengan wakilnya Drs. Hi. Dimyati Amin, (Periode 2007 a/d 2012), Drs. Hi. Mukhlis Basri dan wakilnya Drs. Hi. Makmur Azhari (Periode 2012 s/d 2017), dan saat ini masih menjabat Hi. Parosil Mabsus dan wakilnya Drs. Mad Hasnurin (Periode 2017 s/d 2022).

Lebih jauh Edi memaparkan, di usia yang ke-31 Tahun ini, dibawah kepemimpinan Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, telah banyak prestasi dan kemajuan-kemajuan yang telah dicapai, baik tingkat Provinsi sampai Tingkat Nasional.

“Penghargaan yang telah diraih oleh Pemerintah Daerah Lampung Barat baik di tingkat Provinsi Lampung maupun di tingkat Nasional itu diantaranya yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) telah diraih 12 Tahun berturut-turut dari Tahun 2010 hingga tahun 2021, Penghargaan Adipura sebanyak 5 kali, Peraih Penghargaan Manggala Karya Kencana atas nama Bupati Lampung Barat, Penghargaan Sebagai Kabupaten Tangguh Bencana diri Badan Penanggulangan Bencana Nasional, Piagam Penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 sebagai Kabupaten Sangat Inovatif, Penghargaan Satyalancana Wira Karya (SWK) atas nama Bupati Lampung Barat tahun 2022 dari Presiden Republik Indonesia, Penghargaan Sebagai Kepala Daerah Pembangkit Komoditi Pertanian, Piagam penghargaan Kepatutan Tinggi standar pelayanan Publik dari Ketua Ombudsman Republik Indonesia, Penghargaan Kabupaten Terbaik II dalam Perencanaan dan Pembangunan Daerah Tahun 2022, Penganugerahan Penghargaan Tingkat Nasional Sebagai Kabupaten Peduli HAM Melalui Bagian Hukum Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Barat, Terentaskan Status Lampung Barat dari Status Kabupaten Tertinggal, Dan prestasi-prestasi lain yang mengharumkan nama Kabupaten Lampung Barat,” Papar Edi.

BACA JUGA:  Curi Motor, Warga Simpang Tiga Way Kanan Ditangkap Polisi

Dengan keberhasilan yang telah diraih tersebut, Edi Novial berharap dapat dipertahankan dan ditingkatkan untuk menuju Lampung Barat Hebat dan Sejahtera.

Edi Novial pun berharap, di usia Kabupaten Lampung Barat yang saat ini telah menginjak usia ke-31 tahun, agar dapat menjadi Kabupaten yang lebih maju dan lebih baik lagi.

“Atas nama DPRD Kabupaten Lampung Barat saya mengucapkan Dirgahayu Kabupaten Lampung Barat ke-31, pembangunan tepat, pulih lebih cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, dalam pidato Bupati Parosil Mabsus menyampaikan, terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada semua pihak baik Pimpinan Maupun Anggota DPRD, Aparatur Pemerintah, Tokoh Masyarakat, Alim Ulama Dan seluruh Cendekiawan Serta segenap Elemen Masyarakat Kabupaten Lampung Barat. yang bersama-sama ikut serta dalam membangun kemajuan Daerah Kabupaten Lampung Barat hingga menginjak usia ke-31 Tahun.

“Tema peringatan HUT Lampung Barat ke-31 kali ini adalah “Pembangunan Tepat, Pulih Lebih Cepat”, Tema tersebut tentunya memiliki makna tersendiri dalam menghadapi perubahan kondisi akibat dampak dari pandemi Covid-19. Sebagai semangat bersama menuju Kabupaten Lampung Barat yang lebih baik, sehingga harapan terhadap pembangunan yang tepat dan merata,” ucapnya.

BACA JUGA:  Imam Syuhada Sosialisasikan Perda Narkoba dan Perlindungan Anak di Lampura

“Maka dari itu, mari kita maknai hari lahir ini untuk berbuat, berkarya, berinovasi dan bekerja keras meningkatkan kualitas dan kemampuan diri mengisi kemerdekaan dengan diiringi semangat juang yang tinggi demi kebangkitan bersama,” tambahnya.

Selama sejarah 31 Tahun Kabupaten Lampung Barat ini lanjut Parosil terdapat berbagai keberhasilan dan persoalan yang menjadi catatan dan perhatian seluruh komponen pembangunan di daerah ini.

Menurutnya, Pembangunan tersebut tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat serta memiliki konsep pembangunan yang jelas.

“Karena itu lewat pidato ini, saya ingin menegaskan bahwa hanya waktu dan keadaan yang berubah, tetapi semangat dan komitmen Pemerintah Kabupaten Lampung Barat tidak akan pernah surut dalam mewujudkan visi pembangunan dan pemerintahan yaitu “ Terwujudnya Lampung Barat yang Hebat dan Sejahtera””, tegasnya.

Kemudian Parosil menyampaikan, bahwa dalam lima tahun perjalanan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Lampung Barat telah banyak mengalami kemajuan. Sampai dengan menjelang berakhirnya jabatannya.

Menurutnya, apa yang telah kami tetapkan dalam visi misi pemerintahan dan pembangunan dan selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah telah berjalan pada arah yang benar.

“Secara konsisten Pembangunan Daerah selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan dengan tetap berpijak pada Visi dan Misi yang dijalankan,” Pungkasnya.

Rapat Paripurna tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Bupati Parosil Mabsus, Wabup Mad Hasnurin, Ketua DPRD Lambar Edi Novial, S.Kom, Kapolres AKBP Heri Sugeng Priyanto, Dandim 0422/LB Letkol Czi. Anthon Wibowo, Kajari Lambar, Deddy Sutendy. (HL-*/Hendri)