Kadis DLH :  WCD Tumbuhkan Kesadaran  Pentingnya Jaga Kebersihan Lingkungan

10

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH –  Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng), Rony Witono menghadiri peringatan World Clean Up Day (hari bersih-bersih dunia), dengan tema “Saatnya Peduli, Saatnya Beraksi, Pilah Sampah Dari Rumah,” yang dipusatkan di Kecamatan Gunung Sugih dan Terbanggi Besar, Senin (26/9/2022).

Menurut Rony Witono, untuk menjalankan program tersebut, pihaknya melibatkan petugas kebersihan dan masyarakat.
Selain itu DLH juga, mengedukasi pilah sampah di sekolah serta sedekah sampah.

Kadis DLH menyatakan kegiatan tersebut dilaksanakan  di Kecamatan Terbanggi Besar dipusatkan di Kelurahan Yukumjaya, Bandarjaya Timur dan Bandarajaya Barat. Sementara di Gunungsugih, dipusatkan di Kelurahan Seputihjaya.

“Aksi memilah sampah dilakukan di areal perkantoran Pemkab Lamteng dan juga di kawasan perumahan di Yukumjaya, Seputihjaya, dan Bandarjaya, ” jelasnya.

Sementara lanjut Rony, untuk mengedukasi sampah DLH  kegiatan dipusatkan  di Madrasah Tsanawiyah (MTs Negeri Poncowati).

BACA JUGA:  Pergantian Aparatur Kampung Bermasalah, Komisi I DPRD akan Panggil Kadis PMK Lamteng

Kadis DLH menjelaskan untuk sampah yang sudah dipilah, bisa didaur ulang, dipisahkan, lalu disedekahkan kepada mitra pemulung di TPA Bandarjaya Timur.

“Dengan program World Clean Up Day , akan menumbulhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, ” ujarnya.

Peringatan World Clean Up Day kata Rony, yang jatuh setiap 17 September di Indonesia diperingati 18 September di Jakarta dan di Lampung Tengah digelar pada 10-25 September lalu.

“Sedangkan di manca Negara  World Clean Up Day diperingati di 191 negara, ” katanya.

Lampung Tengah, sambung Rony menjadi bagian dari target 13 juta relawan kebersihan dengan tema Menuju Indonesia Bersih Bebas Sampah.

“Tema di atas diangkat sebagai wujud semangat persatuan menuju Indonesia Bersih melalui jaringan Leadership, Partnership, dan seluruh masyarakat dalam kampanye Kami 13
Juta Menuju Indonesia Bersih dan Bebas Sampah, ” katanya.

BACA JUGA:  PMI Mesuji Gelar Orientasi Pembina PMR Madya dan Wira

Menurut salah seorang warga, World Clean Up Day menjadi sangat penting, apalagi masih banyak masyarakat yang kurang peduli akan kebersihan lingkungan.

“Masih banyak warga di Lampung Tengah yang membuang sampah di sembarang tempat, bahkan di pinggir-pinggir jalan dan fasilitas umum, ” ujarnya Anton salah satu perseta.

Anton berharap World Clean Up Day ini menjadi momentum semua pihak sadar akan kebersihan lingkungan yang bebas sampah.

“Dengan peringatan hari bersih-bersih dunia ini, semua turun dan merasa bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan. Semoga kegiatan ini terus berlanjut,”  harapnya.

Kadis DLH Lamtebv Rony Witono simbolis penyerahan sedekah sampah hasil pilah dari rumah  kepada mitra pemulung di TPA Bandar Jaya Timur. (HL-Gunawan)