Maraknya Aksi Pencurian, Masyarakat Tulang Bawang Resah

31
Ilustrasi. Nett

HEADLINE LAMPUNG TULANGBAWANG – Masyarakat Kabupaten Tulang Bawang (Tuba), khususnya Kecamatan Menggala akhir-akhir ini diresahkan oleh maraknya aksi pencurian. Baik pencurian kendaraan bermotor (curanmor) maupun hewan ternak.

Salah satunya dialami oleh Amika, warga Gang Karya Bakti, Kelurahan Menggala Selatan. Ia kehilangan satu unit sepeda motor saat terlelap tidur. Peristiwa tersebut terjadi, Senin (24/10/2022) lalu, sekira pukul 03.30 WIB.

Kepala Sekolah SDN 01 Menggala Kota tersebut bercerita, sepeda motornya diduga dicuri oleh seorang pelaku berbadan besar, memakai masker dan baju berwarna merah.

Korban mengetahui hal tersebut karena pelaku terlihat dan terekam oleh kamera pengawas (CCTV) yang terpasang di rumahnya.

“Kami kaget karena pagi-pagi motor di garasi sudah hilang. Suami saya lalu melihat CCTV, ternyata ada maling masuk kedalam rumah dan mendorong motor keluar pagar,” katanya, Senin (31/10/2022).

BACA JUGA:  PWI Gandeng Polres Mesuji Gelar Vaksinasi Covid-19 di SMP Muhammadiyah 1

Dia berharap aparat kepolisian dapat segera bertindak –menindaklanjuti aksi pencurian di wilayahnya.“Di sini sedang rawan (aksi pencurian). Pengawasan harus ditingkatkan. Pelaku harus dicari agar tidak terjadi aksi pencurian lagi,” harapnya.

Terpisah, Kapolsek Menggala, AKP Sunaryo mengatakan, pihaknya saat ini masih memburu para pelaku pencurian yang meresahkan masyarakat Menggala.

AKP Sunaryo mengaku pihaknya tengah melakukan penyelidikan setelah ada tiga laporan dari masyarakat perihal kehilangan sepeda motor dan ternak kambing.

“Sedang diselidiki, karena sudah ada tiga laporan masyarakat dari Bujung Tenuk, Tiuh Tohou, dan Perumnas Griya Nuansa Talang Tembesu,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Satresnarkoba Polres Tulang Bawang Tangkap Bandar Narkoba, BB Sabu 54 Gram

Sunaryo menjelaskan, saat ini Polsek Menggala belum mendapat laporan tambahan dengan kasus serupa.

Menurutnya, peristiwa pencurian di wilayah hukum Polsek Menggala selalu viral di media sosial.

Hal tersebut membuat aparat Polsek Menggala bergerak melakukan penyelidikan meski korban lainnya tidak membuat laporan.

Terkait dengan hal tersebut, AKP Sunaryo mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap aksi pencurian.

Jika menemukan, melihat, atau menjadi korban peristiwa pencurian warga diminta segera melapor aparat kepolisian terdekat.

Kapolsek juga mengungkapkan jika pihaknya telah berkoordinasi dengan Lurah, Kepala Kampung, RT, maupun RW untuk menggencarkan ronda malam menjaga keamanan di wilayahnya masing-masing. (HL-Rian)