Propemperda 2023, DPRD dan Pemkot Metro Sepakati 14 Raperda

87

HEADLINELAMPUNG, METRO – Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kota Metro bersama Pemkot setempat, menyepakati 14 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) melalui Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda) tahun 2023.

Ketua DPRD Kota Metro Tondi MG Nasution melalui Rapat Paripurna DPRD setempat mengatakan, Bapemperda bersama Pemkot Metro menyepakati 14 raperda melalui Propem Perda tahun 2023. “Adapun, dari 14 raperda tersebut, tiga raperda di antaranya merupakan inisiatif DPRD Kota Metro,” kata Tondi Nasution.

Politisi Partai Golkar itu meneruskan, tiga rapeda inisiatif DPRD Kota Metro saat ini sudah dalam proses pembahasan Panitia Khusus (Pansus) DPRD, di antaranya Raperda tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan, Raperda tentang Pengembangan Ekonomi Kreatif, dan Raperda tentang Kota Literasi.

BACA JUGA:  Lamteng Terpilih Sebagai Icon Lampung Craft, Pataka  Diserahkan Langsung Gubernur Ke Bupati

Sedangkan, lanjut dia, untuk raperda yang merupakan usulan Pemkot Metro, di antaranya Raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2022, Raperda tentang Perubahan APBD tahun 2023, Raperda tentang APBD tahun 2024, dan Raperda tentang Perubahan Kedua Perda nomor 14 tahun 2018 tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Kemudian, Perubahan atas Perda nomor 9 tahun 2018 tentang Penanggulangan Penyakit Menular dan Penyakit Tidak Menular, Raperda tentang Pengendalian Peredaran Minuman Beralkohol di Kota Metro. Raperda tentang Perubahan Perda nomor 14 tahun 2015 tentang Pengelolaan Pasar, dan Raperda tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

BACA JUGA:  Diduga Miliki Senpi Rakitan Dua Pemuda Dibekuk Polsek Kasui

“Adapun, raperda yang saat ini masih dalam pembahasan Pansus dan dimasukkan dalam Propemperda tahun 2023, yakni Raperda tentang Fasilitasi Penyelenggaraan Pondok Pesantren, Raperda tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah, serta Raperda tentang Penyelenggaraan Infrastruktur Pasif Telekomunikasi,” ungkap Tondi Nasution. (HL-dwi)