Mudahkan Mobilitas Masyarakat, Bus Damri Rute Liwa-Kebun Tebu Resmi Beroprasi

113

LAMPUNG BARAT – Masyarakat Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mulai saat ini patut bergembira, pasalnya mulai hari ini 1 januari 2023 dua unit bus Damri trayek Liwa – Kebun Tebu resmi beroperasi, dan hal tersebut dapat memudahkan masyarakat Lambar dalam melakukan perjalanan antar Kecamatan.

Beroperasinya dua unit Bus Damri itu ditandai pelepasan kendaraan tersebut oleh Plh. Kadis Perhubungan, Sugeng Raharjo di terminal Kelurahan Pasar Liwa dan di terminal pasar Purajaya Kecamatan Kebun Tebu oleh Ketua DPRD Lampung Barat Edi Novial, Minggu (1/1/2023) pagi.

Tentunya, dengan beroperasinya Bus Damri ini akan sangat mendukung perekonomian masyarakat. Satu diantaranya adalah sebagai wadah untuk mendongkrak wisata-wisata yang ada di Kabupaten Lampung Barat, sebab wisata-wisata yang ada di Lampung Barat berada tepat di jalur lintasan Bus Damri tersebut.

BACA JUGA:  Dinas Ketahanan Pangan Pesawaran Edukasi 144 Kelompok Wanita Tani

Beroperasinya Bus Damri tersebut berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat Nomor. KP-DRJD 8613 Tahun 2022 tentang Jaringan Trayek Angkutan Jalan Perintis Tahun 2023.

Diketahui, jarak tempuh Bus Damri trayek Liwa – Kecamatan Kebun Tebu itu sejauh 91 KM yang menyisir melintasi beberapa jalur Kecamatan, yakni Kecamatan Gedung Surian, Air Hitam, Way Tenong, Sekincau, Batu Ketulis, Belalau, Batu Brak hingga Kecamatan Balik Bukit (Liwa).

Dalam perjalanannya sendiri, kedua Bus Damri tersebut melakukan pemberangkatan mulai pukul 06.30 dan 13.00 WIB dari masing-terminal, sementara untuk tarifnya hanya sebesar Rp25 ribu rupiah.

Plh. Kadis Perhubungan Ir. Sugeng Raharjo, dia mengatakan dengan adanya trayek Bus Damri tersebut tentunya dampaknya akan sangat baik untuk perekonomian masyarakat.

Dari hal itu, dirinya berharap kedepan akan ada tambahan armada Bus Damri yang dapat menyisir di kecamatan-kecamatan lain yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:  Koleksi Rusa Tutul Taman Kehati Capai 35 Ekor

“Ke depan, Dinas perhubungan akan mengkaji untuk mengajukan trayek baru terhadap Damri. karena dampaknya cukup baik bagi Lampung barat. contoh Liwa-Lumbok Seminung, bahkankan bisa jadi Liwa-Bandar Lampung,” ujarnya.

Sugeng juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi untuk ikut andil dalam menyebarkan informasi pembukaan angkutan Damri perintis dengan menyampaikan melalui media sosial

“kita bisa berpartisipasi dengan menyebarkan, baik melalui WA, FB, IG atau menyampaikan secara langsung terhadap teman, kerabat dan keluarga kita,” ajaknya.

Sementara itu, perwakilan manajemen Damri, Eri. S. dirinya berharap angkutan perintis Damri Liwa – Kebun Tebu berjalan baik.

“Semoga Kedepannya angkutan perintis Damri Liwa-Kebun Tebu berjalan dengan baik dan membawa manfaat bagi masyarakat,” Pungkasnya. (*/Hendri)