Guna Memfokuskan Program Pertanian Pemkab Lamteng Segera Luncurkan Acara Ngolam

70

LAMPUNG TENGAH – Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad menghadiri Acara Sarasehan Perkumpulan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA), gabungan kelompok tani (Gapoktan) kelompok wanita tani (KWT,), dan Penyuluh Pertanian Dinas KPTPH di LEC Paramarta Kecamatan Seputih Banyak, Selasa (3/1/2023).

Sarehan tersebut juga dihadiri oleh Ketua KTNA Provinsi Lampung, Hanan A Rozak Ketua KTNA Lampung Tengah Jamal Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kadis KPTPH, serta Ketua dan Anggota KTNA se Lampung Tengah Wilayah Timur

Ketua KTNA Jamal mengatakan, sarasehan tersebut bertujuan untuk mensukseskan program musim tanam 2023.

Menurut Jamal KTNA merupakan mitra kerja pemkab Lampung Tengah untuk bersinergi mensukseskan program pertanian di Lampung Tengah.

” Jumlah Anggota KTNA Wilayah Timur yang hadir sebanyak 200 peserta, sarasehan ini tidak hanya di wilayah timur saja namun juga dilaksanakan di Wilayah Tengah dan Barat, ” jelasnya.

Jamal mengatakan sarasehan juga bagian persiapan peserta Pekan Nasional KTNA Ke XVI Tahun 2023 yang akan diselanggarakan bulan Juni di Sumatera Barat.

BACA JUGA:  Bupati dan Wabup Way Kanan Fokus Tingkatkan Perekonomian Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19

“Terima kasih kepada Ketua KTNA Lampung yang Memberikan B.1 combine harvester makki Bimo 102 kepada Gapoktan Bina Tani Kampung Bumi Nabung Baru, dan Insyallah di tahun 2023 ini akan ada 2 mesin Combine Harvester yang akan diberikan untuk para petani Lampung Tengah, mesin tersebut adalah usul dari Hanan A. Rozak, ” ujaenya.

Sementara itu Ketua KTNA Provinsi Lampung Hanan A. Rozak menyanjung Bupati Musa Ahmad, yang menurutnya merupakan sosok yang peduli akan pertanian.

Hanan A Rozak mengatakan Lampung Tengah telah diketahui merupakan kabupaten yang memiliki Unggulan di sektor Pertanian.

“Sektor pertanian tersebut didukung dan dengan luas lahan pertanian yang berlimpah, ” ujarnya.

Hanan mengatakan salah satu indikator majunya pertanian adalah meningkatkan kesejahteraan petani dan Lampung Tengah di bawah Bupati Musa Ahmad.

“Bupati Musa Ahmad mempunyai program yang salah satunya berpihak ke para Petani, ” katanya.

Saat ini sambung Hanan, Pemprov Lampung telah menjalankan dan meluncurkan program yang baik yakni Kartu Petani Berjaya (KPB). Kartu tersebut dinilai sangat membantu petani untuk mengatasi sarana produksi.

BACA JUGA:  Hari Raya Idul Adha, Polres Pesawaran Potong 13 Hewan Kurban

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, mengaku bahwa KTNA merupakan mitra pemerintah.

“Untuk itu kedepan harapan kita dapat mendorong dan mendukung program daerah dalam upaya meningkatkan produktivitas hasil tanam juga nelayan di Lampung Tengah, ” ujarnya.

Musa Ahmad mengatakan demi mendengarkan dan menyerap asipirasi para petani, Pemkab Lamteng kedepan akan mengadakan Acara Ngolam (Ngobrol Malam) Setiap malam kamis

“Program Ngolam segera akan hadir di tengah masyarkat khususnya insan pertanian guna untuk memfokuskan prorgram utamanya masalah pertanian, ” katanya.

Musa Ahmad mengaharapkan Dinas KPTPH bersama petani bisa memunculkan varietas tanaman baru, agar nantinya pencanangan zona-zona pertanian yang akan diselenggarakan bisa berjalan baik.

Musa Ahmad juga meminta para petani untuk dapat memanfaatkan program Gubernur Lampung yakni KPB dengan baik.

“Karena sangat membantu para petani. Sehingga permasalahan yang ada bisa tertanggulangi dengan baik, ” pungkasnya. (Gunawan)