Musa Ahmad : Pembangunan Pure Akan Menjadi Destinasi Wisata Rohani

47

Headlinelampung.com (Lampung Tengah) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengahadiri Peresmian Pura Catur Parhyangan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta RSI (MGPSSR) di Sanggraha Kepasekan MGPSSR Pura Catur Parhyangan Swastika Buana Kecamatan Seputih Banyak, Jumat (6/1/2023).

Selain Gubernur dan Bupati hadir juga Ketua MGPSSR Pusat dan Provinsi Lampung, Ketua PHDI Lampung, Kepala Perangkat Daerah Provinsi Lampung, Forkopimda Lampung Tengah serta Umat Hindu se Lampung Tengah.

Ketua MGPSSR Provinsi Lampung Drs. I Made Bagiasa mengucapkan terimakasih atas kehadiran Gubernur, Bupati dan Seluruh Jajaran pada peresmian Pure Catur Parhyangan Maha Gotra Pasek Sanak Sapta.

Menurut I Made Bagiasa status Pure tersebut merupakan Pure Umat Hindu Provinsi Lampung yang berada di Lampung Tengah.

“Terima kasih kepada Gubernur Lampung, Bupati Lampung Tengah dan donatur sehingga pembangunan Pure ini bisa selesai dengan baik,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua PHDI Lampung DR. I Ketut Setiawan, mengatakan dengan berdirinya Bangunan ini, menandakan warga Gotra Pasek cinta akan budaya.

Ketua PHDI Lampung berharap umat Gotra Pasek, bisa menjaga juga menggunakannya dalam momen keagamaan umat Hindu,

BACA JUGA:  Ribuan Masyarakat Lambar, Meriahkan Jalan Sehat Peringati HUT KORPRI ke-51

“Kepada umat Hindu di Lampung Tengah Khususnya, untuk tidak terpengaruh isu- isu yang bisa memecah belah umat hindu di Lampung,” ujarnya.

I Ketut Setiawan berharap PHDI bisa menjadi mitra Pemkab untuk memajukan Lampung Tengah kedepan.

Sementara Ketua MGPSSR Pusat Prof DR I Wayan Wita mengatakan MGPSSR merupakan organisasi kemasyarakatan yang bernaung di bawah PHDI dan terdapat di 14 Provinsi di Indonesia.

Untuk dirinya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pemerintah atas kemajuan juga kenyamanan penduduk bali di Lampung.

“Pure yang dibangun sangat tinggi nilai seni dan artistik dengan hasil yang sangat luar biasa. Semoga hubungan yang baik bersama Pemerintah bisa berkelanjutan kedepan,” ungkapnya.

Ketua Umum MGPSSR yakin bahwasanya Provinsi Lampung bisa menjadi contoh yang baik untuk MGPSSR di Provinsi lain.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, mengucapkan selamat Galungan dan Kuningan kepada Umat Hindu yang merayakannya beberapa waktu lalu.

Menurut Bupati, pembangunan pure tersebut merupakan bantuan Gubernur Lampung di bidang keagamaan khususunya untuk umat Hindu.

BACA JUGA:  Gunakan Narkoba, Penghuni Kontrakan Ditangkap Polisi

Musa Ahmad, mengatakan bangunan pure tersebut nantinya akan menjadi tempat wisata Rohani sepaket dengan Danau Tirta Gangga.

“Ditambah lagi dengan akan adanya pembangunan jalan Rigid Beton, yang menghubungkan Kota Gajah – Bandar Surabaya. Tentunya bangunan jalan rigit beton itu, akan mempermudah masyarakat Umat Hindu khsusunya untuk menuju Pure ini,” jelasnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, Lampung adalah Provinsi yang beragam macam suku dan agama. Terlebih dari itu Umat Hindu di Provinsi Lampung cukup banyak yakni hampir 1 Juta Jiwa.

“Untuk itu Pembangunan Pure ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah di bidang keagamaan. Diharapkan dengan adanya pure ini masyarakat Hindu khsusunya di Lampung Tengah bisa terus hidup rukun, guyub dan menjaga kondisifitas di wilayahnya,” harapnya.

Gubernur juga mengatakan ditahun ini Pemprov Lampung akan memperbaiki jalan Kota Gajah-Bandar Surabaya, untuk mempermudah masyarakat hilir-mudik menuju ke Pure, yang selama ini menjadi keluhan masyarakat khsusunya diwilayah Timur.

“Saya melihat akan berkembang pesat pertumbuhan ekonomi masyarakat diwilayah tersebut apabila Infrastruktur Jalanya telah diperbaiki dengan baik,” pungkasnya.

(HL/Gunawan)