Bupati Lampung Tengah : Pekerjaan PPS Merupakan Tugas Mulia yang Diberikan Negara 

38

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah melantik 933 Panitia Pemungutan Suara (PPS,) bertempat di lapangan Kotagajah Kecamatan Kota Gajah, Selasa (24/01/2023).

Menurut Ketua KPU Lamteng Irawan Indra Jaya, usai pelantikan Para Petugas PPS harus langsung menempati Kantor di Kampung Masing-masing .

Irawan mengatakan KPU Lamteng, melantik 933 anggoyw PPS ditingkat kampung dan kelurahan.

“Hari ini kita melantik 933 Anggota PPS Tingkat Kampung. Yang akan di tempatkan di 301 Kampung dan 10 Kelurahan . Masing-masing kampung akan ditempatkan 3 Orang PPS,” jelasnya.

Ketua KPU menjelaskan bahwa PPS memiliki tugas membentuk kelompok pantia pemilihan suara (KPPS) yang nantinya bertugas mendata daftar pemilih.

“Kita akui,tugas PPS, sangat berat, mereka juga sudah mulai cek data Anggota DPD, untuk Verifikasi data kebawah, dan itu harus benar- akurat dalam ceknya,” tegas Irawan.

Sementara itu Anggota KPU Propinsi Lampung Titik Sutriningsih, menyatakan ada dua hajat besar yang akan diselenggarakan kedepan. Yakni pemilihan, Pileg dan Pilpres pada bulan Ferbruari 2024. Sedangkan Pilkada pada November 2024.

“Tentu teman-teman pada hari ini, mulai di tempa fisiknya yang diharapkan bisa lebih kuat Sehingga dalam menjalankan tugas nantinya teman-teman sudah terbiasa,” katanya.

Sutriningsih mengingatkan tugas PPS, lebih berat dari tahun periode Pemilu sebelumnya. Untuk itu dalam waktu dekat teman-teman PPS, segera bertugas, untuk membentuk Panitia Pendaftar Pemilih (Pantarlih) yang ditujukan untuk digunakan pemutakhiran data pemilih. Kemudian masih ada tugas PPS, yang lain lagi yakni Verifikasi Anggota DPD.

BACA JUGA:  Ngaku Dapat Proyek Pengadaan Meubelair, Petani Asal Lamteng Diduga Lakukan Penipuan

“Ini membutuhkan fisik yang kuat karena anda harus datang ke rumah-rumah calon pendukung, untuk melakukan verifikasi apakah dukungan yang mereka berikan ini sesuai atau tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

Kemudian sambungnya di dalam perekrutan yang perlu teman-teman perhatikan bahwa berbeda juga dengan periode sebelumnya.

Harus memiliki HP Android dan mampu mengoperasionalkanya, karena di dalam penginputan laporan melalui aplikasi. Sehingga pantarlih wajib memiliki HP Android dan mampu untuk mengoperasionalkannya.

“Ini jadi perhatian teman-teman semua untuk merekrut anggota Pantarlih, dengan ketat jangan asal asalan saja,” tegansya.

Dalam pelaksanaan tugas idak hanya diatur oleh Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017, dan peraturan KPU tetapi juga diatur dengan regulasi dewan kehormatan penyelenggara pemilu (DKPP), sehingga di dalam menjalankan tugas selain harus berintegritas juga mampu menampilkan diri sebagai sosok yang punya moralitas.

Kode etik dan perilaku penyelenggara Pemilu meliputi banyak hal, mulai dari asas Pemilu juga sikap dan perilaku PPS , dalam menjalankan tugas nantinya termasuk dengan apa yang sudah diikrarkan oleh teman-teman.

Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad, mengatakan sebagai anggota PPS yang ada di Lampung Tengah Pekerjaan PPS, merupakan tugas mulia, tugas yang diberikan negara kepada bapak dan ibu.

BACA JUGA:  Harmonisasi, Polsek Way Pengubuan Dengan Warga Tanjung Ratu Gelar Gotong Royong

Menurut Bupati bisa dibayangkan jumlah penduduk Lampung Tengah sebanyak 1,4 juta, dan hanya 933 yang menjadi anggota PPS.

“Bapak Ibu, yang terpilih dipercaya sebagai anggota PPS, oleh karena itu kepercayaan yang diberikan agar benar-benar dijaga dengan baik. Menjaga integritasnya dan menjaga netralitasnya sehingga betul-betul Pemilu kita menghasilkan pemilu yang terbaik,” tegasnya.

Bupati mengingatkan 5 tahun yang akan datang akan menentukan nasib bangsa kita, untuk itu dengan pemilihan yang akan datang melahirkan penyelenggara negara yang baik.

“Yang mampu membawa kebaikan untuk kita semua Oleh karena itu saya sampaikan kerja dengan baik pergunakan pedoman aturan dengan undang-undang yang ada,” ujarnya.

Bupati berpesan agar PPS menjaga integritas dengan baik. “Karena kalau memulai dengan niat yang tidak baik. Dengan langkah dan cara yang tidak baik tentu hasil pemilu tidak akan baik. Jadi tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan bersama. Karena itu saya tahu bahwa pekerjaan tidak mudah. Dengan semangat dan keyakinan kekompakan Insyaallah kita sama-sama akan berbuat yang terbaik,” katanya.

Sehingga lanjut Bupati, kita sama-sama bisa mensukseskan Pemilu Lampung Tengah, dengan baik.

“Saya selaku kepala daerah dan saya selaku pembina politik di Lampung Tengah, Insyaallah dengan sekuat tenaga akan mensupport kinerja PPS,” pungkasnya. (HL-Gunawan)