Tiga Tahun Terakhir 321 Pekerja Migran Asal Mesuji Telah Berangkat

19

HEADLINELAMPUNG, MESUJI – Negara Taiwan menjadi tujuan favorit Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Mesuji, berdasarkan data 58 persen tujuan Taiwan yang telah berangkat di tahun 2022 dari delapan negara lainnya.

Hal tersebut dijelaskan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadis Nakertrans) Kabupaten Mesuji, Najmul Fikri melalui Kepala Bidang Perencanaan Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Kabupaten Mesuji, Syamsi Hermansyah saat ditemui di ruang kerjanya, pada Selasa (24/01/2023).

Syamsi memaparkan tahun 2022 sebanyak 98 Pekerja Migran Indonesia telah berangkat ke negara tujuan serta terdapat total 644 Calon Pekerja Migran Indonesia yang telah teregistrasi dan juga tengah menunggu keberangkatan bekerja ke luar negeri tersebut.

BACA JUGA:  Protes Jalan Rusak, Pemuda Kota Metro Timbun Lubang Jalan Budi Utomo

“Sepanjang tahun 2022, yang telah melaksanakan registrasi sebanyak 246 orang, yang telah selesai melakukan pelatihan dan dalam jadwal tunggu keberangkatan sebanyak 220, artinya ada 466 yang belum berangkat, sementara sebanyak 98 orang telah berangkat ke beberapa negara, seperti Hongkong, Jepang, Korea Selatan, Malaysia, Qatar, Singapura, Taiwan dan Uni Emirat Arab,” jelas Syamsi.

BACA JUGA:  Petani Negara Bumi Ilir Keluhkan Anjloknya Harga Singkong

Dijelaskannya lagi, sepanjang 2020 hingga 2022 Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Mesuji yang telah berangkat ke luar negeri sebanyak 321 orang yang bekerja di sektor formal maupun informal.

“Untuk tiga tahun terakhir Kabupaten Mesuji telah mengirim Pekerja Migran Indonesia sebanyak 321 orang yang bekerja di sektor formal seperti perusahaan dan industri maupun sektor informal yaitu di rumah tangga,” tukasnya. (HL-Rangga)