Ketua Dewan Pers Harapkan Pers Bisa Sajikan Berita Edukatif

61

HEADLINELAMPUNG, MEDAN – Memasuki tahun politik, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu harapkan pers bisa menyajikan berita edukatif kepada masyarakat. agar masyarakat terbuka menerima kritik atau masukan kepada calon yang di usung maupun sebaliknya.

Hal tersebut dijelaskannya saat memberikan seminar pada Hari Pers Nasional 2023 yang dilaksanakan di Ballroom Grand Mercure Hotel, Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara, pada Selasa (07/02/2023).

Ninik memaparkan, pers harus bisa melakukan riset terhadap calon apapun, baik DPRD, DPR RI, Presiden ataupun pada pesta demokrasi apa saja, tujuan riset tersebut jelas Ninik, agar berita yang disajikan menjadi konsumsi yang memiliki informasi serta menjadi nilai edukatif terhadap pendukung maupun bukan pendukung calon tersebut.

BACA JUGA:  Gubernur: Sulawesi Tenggara Siap Jadi Tuan Rumah HPN 2021

“Kita sama-sama menjunjung tinggi demokrasi, dalam demokrasi kita sepakat ada yang namanya Pemilu (Pemilihan Umum, red), kita juga sepakat bahwa Pemilu bukan cuma terkait tahapan atau tata cara penentuan seperti apa, namun juga dilakukan secara jujur, adil, terbuka dan lainnya, kita baru bangga jika pers dapat menyajikan informasi terkait calon yang memang berdasarkan riset tersebut,” jelas Ninik.

BACA JUGA:  Waspada OTG Corona, Hipni Ajak Masyarakat Lamsel Bangkitkan GERMMAS

Ninik memaparkan edukasi tersebut bisa memberikan gambaran kepada pembaca yang yang bisa diterima serta menjadikan ruang diskusi terhadap calon yang akan maju pada kontestasi demokrasi.

“Pers dapat mengajak publik untuk belajar untuk tidak marah ketika calon yang mereka dukung itu di kritik, tetapi juga tidak terlalu larut dalam euforia ketika calon yang ia dukung di sebut kelebihan atau calon lawan memiliki kelemahan,” jelasnya. (HL-Rangga)