Nelayan di Lamsel Tambah Semangat Melaut Setelah Dibantu Renovasi Perahu oleh Komunitas Nelayan Pesisir

40

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG SELATAN – Raut wajah bahagia terpancar dari para nelayan di Desa Kunjir, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Pasalnya, desa mereka kedatangan relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Pesisir.

Kedatangan puluhan relawan Komunitas Nelayan Pesisir pada Selasa (07/02/2023) sore tersebut untuk bersilaturahmi kepada nelayan, sekaligus memberikan bantuan berupa renovasi perahu dengan seperangkat kaleng cat dan kuas untuk mempercantik perahu para nelayan Desa Kunjir.

Seperti yang diungkapkan Sahadi (42), salah satu nelayan pemilik perahu yang mendapatkan bantuan dari relawan Komunitas Nelayan Pesisir. Ia menceritakan, hampir seluruh cat pada badan perahunya sudah retak dan terkupas hingga tidak cantik dipandang mata lantaran ketidakmampuannya untuk membeli cat.

Kini, setelah menerima bantuan 5 kaleng cat beserta kuas dari Komunitas Nelayan Pesisir pendukung Ganjar itu, perahunya menjadi cantik lagi dan terlihat seperti baru. Hal itu pun membuatnya makin bersemangat untuk pergi melaut menggunakan perahu kesayangannya.

“Adanya relawan Komunitas Nelayan Dukung Ganjar, kami sangat terbantu sekali dapat bantuan cat sehingga perahu ini bisa direnovasi seperti. Efeknya bagus, karena tadinya bocor jadi tidak bocor lagi, karena untuk beli cat saja sulit. Dengan adanya bantuan ini, kita dapat merehab perahu kita seperti ini, jadi bagus dan sangat terbantu,” ungkap Sahadi.

BACA JUGA:  Karang Taruna Lampung Gelar Vaksinasi Tahap Kedua di Pesawaran

Ia menambahkan, bantuan renovasi perahu dari relawan Komunitas Nelayan Pesisir juga membuat para nelayan terbantu secara ekonomi. Sebab, kondisi cuaca yang tidak menentu membuat hasil tangkapan nelayan menjadi berkurang.

Sahadi pun mengapresiasi upaya Komunitas Nelayan Pesisir dalam menyemangati para nelayan dengan bantuan renovasi perahu.

Dia juga berharap relawan dapat menyalurkan bantuan yang lain seperti alat pancing ikan agar semakin menyejahterakan kehidupan nelayan.

“Ke depannya, kami harap jangan sampai di sini, terus berlanjut. Adakan lagi untuk menyejahterakan para nelayan di sini. Saya juga cukup berharap bukan hanya bantuan cat saja, misalnya peralatan (melaut), senarnya, pancingnya kami kan juga butuh itu,” ucap Sahadi.

Miftahul Lutfi selaku Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar Lampung Selatan mengatakan, bantuan renovasi perahu yang diberikan, merupakan bentuk dukungan relawan kepada nelayan untuk terus bersemangat melaut. Sebab, mayoritas penduduk Desa Kunjir bermatapencaharian sebagai nelayan.

BACA JUGA:  Dua Bulan Beroperasi, MPP Telah Melayani 2.165 Masyarakat Tubaba

“Kegiatan Komunitas Nelayan Pesisir Dukung Ganjar ini sendiri kami ada beberapa rangkaian kegiatan, salah satunya pengecatan perahu nelayan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada nelayan, sehingga nelayan semakin hari bisa semakin semangat untuk melaut, mencari nafkah untuk orang-orang di rumahnya,” ujar Lutfi.

Lutfi menuturkan, masyarakat Kecamatan Rajabasa, khususnya Desa Kunjir begitu antusias dengan kehadiran relawan Komunitas Nelayan Pesisir.

Melihat antusias tersebut, beberapa kegiatan relawan, lanjut Lutfi, juga akan terus digencarkan dan akan menjadi agenda rutin relawan dalam membantu masyarakat, terutama untuk menyejahterakan para nelayan.

“Sambutan dari masyarakat Kunjir ini sendiri mengenai kegiatan pada sore hari ini sangat antusias. Karena memang persiapan kami sudah dari jauh hari, sehingga antusias masyarakat di sini memang sangat antusias untuk kegiatan kita,” jelas Lutfi.

“Sejauh ini kegiatan Komunitas Nelayan ini sendiri sudah melakukan beberapa kegiatan juga, sehingga kegiatan kami ini sudah tersusun. Artinya sebulan sekali kita mengadakan kegiatan,” sambung Lutfi. (HL-*)