Lapas Kelas IIB Kotaagung dan SUPM Negeri Kotaagung Pelatihan Pengolahan Ikan Blue Marlin Menjadi Ikan Asap

37

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS – Kerja sama antara Lapas Kelas IIB Kotaagung dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Kotaagung masih berlanjut, hal ini dibuktikan dengan digelarnya kembali pelatihan pengolahan bahan baku ikan Blue Marlin menjadi ikan asap bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kotaagung pada, Selasa (07/03/2023).

Pada pelatihan ini, Wakil Kepala Sekolah SUPM Kotaagung dan dosen Politeknik Akademi Usaha Perikanan (AUP), Adam Prayudi mewakili Kepala Sekolah SUPM Kotaagung mengatakan tak hanya mengucapkan terima kasih kepada Kepala Lapas Kotaagung, Beni Nurrahman beserta jajaran atas kerja sama yang masih berlanjut.

“Tak hanya sekadar berbagi ilmu, tetapi juga kami berharap dari hasil setiap pelatihan yang diselenggarakan dapat membangkitkan potensi warga binaan sekalian untuk menghasilkan keuntungan dalam berwirausaha khususnya di bidang perikanan nantinya,” harap dalam sambutannya di Aula Besar Lapas Kotaagung.

BACA JUGA:  Pimpinan dan Anggota DPRD Tubaba Terima THR, Ini Nilai Besarannya

Mewakili sambutan dari Kepala Lapas Kotaagung, Aryo Pratama selaku Kasi Binadik dan Giatja menerangkan awal diadakannya pelatihan ikan asap ini karena adanya tanggapan positif dari petugas dan masyarakat sekitar, mereka tertarik dengan inisiatif pengolahan ikan asap Blue Marlin oleh kelompok WBP kegiatan kerja yang baru sekitar belasan persen progres produksinya. Oleh sebab itu, diadakanlah pelatihan ini agar proses pengolahannya lebih terarah dan sesuai prosedur sehingga menghasilkan produk ikan asap Blue Marlin yang lezat, berkualitas, dan aman dikonsumsi.

BACA JUGA:  Pesisir Barat Vaksinasi Covid-19 Serentak 720 Dosis untuk Pejabat Publik dan Nakes

“Akhir kata, saya sampaikan pesan Kalapas kepada warga binaan Lapas Kotaagung, ikuti pelatihan kemandirian ini dengan baik dan tertib. Jangan sia-siakan kesempatan ini, gali ilmu dan tanya sebanyak mungkin. Karena, pada intinya, apapun pelatihan atau program pembinaan yang diikuti selama di sini, pasti membawa manfaat bagi warga binaan sekalian ketika kembali ke masyarakat nanti,” pesan Aryo.

Setelah pembukaan dilanjutkan pelaksanaan pelatihan di Dapur Umum Lapas Kotaagung, Adam didampingi 5 orang yang terdiri dari 3 guru SUPM Kotaagung dan 2 taruna AUP mempraktikkan pembuatan ikan Blue Marlin mulai dari pengolahan bahan, proses pengasapan hingga pengemasannya kepada 20 WBP peserta pelatihan. (HL-*/Andi)