Dandim 0429/Lamtim Bersama Dandim 0411/KM Sambut Tim Post Audit Itdam II/SWJ

56

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TIMUR – Komndan Kodim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH bersama Dandim 0411/KM Letkol Inf. Sihono, A.Md sambut tim Post Audit Itdam II/Sriwijaya, di Makodim 0411/KM, Jl. Veteran, Kelurahan Hadimulyo Barat, Kecamatan Metro Pusat, Kota Metro, Kamis (16/03/2023).

Selaku Ketua Tim Kolonel Inf Feridian Prabawa, Sekretaris Tim Letkol Inf Ediyanto, Anggota Tim Letkol Inf Sugianto, Letkol Kav Jemmy ST Sitorus, Letkol Inf Adriansyah DP, dan Operator Sertu Sonny Nugroho.

Selain Dandim, turut menyambut Tim Audit Itdam II/Sriwijaya, seluruh Perwira Staf Kodim 0429/Lamtim dan Kodim 0411/KM.

Dandim 0411/KM Letkol Inf Sihono A.Md dalam sambutanya menyampaikan uacapan selamat datang kepada Tim Post Audit Itdam II/SWJ beserta rombongan dalam rangka pemeriksaan adminitrasi.

“Jika ada koreksi-koreksi dari Tim maupun dari rombongan kami Kodim 0411/KM dan Kodim 0429/Lamtim mohon arahanya untuk untuk meningkatkan kinerja kepada pejabat pengguna anggaran di dalam Organisasi Kodim 0411/KM dan Kodim 0429/Lamtim dengan meningkatkan kualitas kinerja di bidang Administrasi yang Akuntable di masing-masing Staf,” ucapnya.

BACA JUGA:  Bawaslu Lamteng Minta APD Covid-19 untuk Lindungi Petugas Pengawas

Senada di sampaikan Dandim 0429/Lamtim Letkol Czi. Indra Puji Triwanto, SH bahwa, dengan kedatangan Tim Audit Itdam II/Swj ini dapat memberi pencerahan dan solusi dalam peningkatan kualitas kinerja serta terwujudnya tertib administrasi yang menyangkut bidang Intel Pam, Ops, Pers, Log dan Ter serta bidang perbendaharaan di satuan sehingga pelaksanaannya dapat sesuai dengan ketentuan, prosedur dan aturan yang berlaku di lingkungan TNI AD.

Sementara itu Ketua Tim Post Audit Itdam II/Swj Kolonel Inf Feridian Prabawa,S.H.,M.M, menyampaikan Pengawasan yang dilakukan Tim Itdam II/Swj merupakan bagian dari tugas pencegahan dan pengendalian terhadap program kerja dan anggaran.

“Keberadaan Tim pengawas dalam pelaksanaan kegiatan nantinya diharapkan dapat mengeliminir tingkat kesalahan yang terjadi disatuan sekaligus dapat dievaluasi,” ucapnya.

Beberapa poin yang harus diperhatikan adalah, pertama kegiatan tersebut dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan administrasi hingga pelaksanaan kegiatan dengan sasaran Tim Post Audit Itdam II/SWJ di tahun 2022, lebih baik sesuai dengan petunjuk dan arahan Komando Atas.

Kedua, kegiatan ini dalam rangka Pengawasan dan Pemeriksaa di Satuan Kerja (Satker) jajaran Kodam II/Swj dan pengawasan tersebut merupakan tindakan preventif untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya infisiensi di segala bidang.

BACA JUGA:  Musrenbang Tingkat Kabupaten Way Kanan Lampung Digelar via Vicon

Ketiga, Fungsi Post Audit Itdam II/Swj dalam suatu organisasi maju dan modern, merupakan sebuah proses dan mekanisme yang harus dilaksanakan dan menjadi bagian internal dari sebuah sistem.

Keempat, kepada Satuan Kodim 0411/KM dan Kodim 0429/Lamtim harus kooperatif dalam memberikan data-data yang lengkap dan akurat. Hal ini bertujuan bila dalam pelaksanaan program ditemukan adanya kesalahan atau kekurangan kelengkapan administrasi maka akan diberikan masukan sesuai ketentuan dengan tujuan untuk mencegah terjadinya penyimpangan anggaran.

Dan yang kelima, hendaknya kegiatan ini jangan dijadikan sebagai suatu yang memberatkan. Tetapi justru jadikan sebagai peluang untuk memperoleh masukan konstruktif, guna pemecahan berbagai kekurangan. Khususnya yang bersifat teknis atau prosedural agar dapat dijadikan acuan bagi pelaksanaan tugas selanjutnya.

Setelah itu Tim melakukan pemeriksaan terhadap administrasi di bidang Operasi, Intelijen, Personalia, Teritorial dan Koperasi serta Juru Bayar Satuan. (HL-*/Iman)