PPD Tingkat Nasional 2023 Lambar Masuk Tahap Penilaian Akhir

33

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Pelaksanaan Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tingkat Nasional tahun 2023 telah memasuki tahap penilaian akhir yakni tahap III verifikasi.

Seperti diketahui, Kabupaten Lampung Barat merupakan satu dari 10 Kabupaten di Indonesia yang berhasil masuk dalam penilaian tahap III PPD tahun 2023.

Tahap III verifikasi di Kabupaten Lampung Barat dilaksanakan selama dua hari, diantaranya kunjungan lapangan berlangsung di Sekolah Kopi (03/04) dan Focus Group Discussion (FGD) di Aula Kagungan Setdakab, Selasa (04/04).

Dalam penyampaiannya, Penjabat Bupati Lampung Barat Drs. Nukman mengatakan PPD yang sebelumnya dikenal dengan nama Anugerah Pangripta Nusantara (APN) merupakan apresiasi yang diberikan Pemerintah pusat kepada Provinsi, Kabupaten dan Kota yang telah berhasil dengan baik dalam perencanaan, pencapaian, pelaksanaan, dan inovasi pembangunan setiap tahun.

BACA JUGA:  Bupati Pesawaran Pamerkan Hasil Kerajinan Masyarakat Bumi Andan Jejama pada Pameran Lampung Craft IV

“Seperti kita ketahui bersama bahwa Kabupaten Lampung Barat masuk ke dalam penilaian tahap III yaitu verifikasi dan kunjungan lapangan,” ucapnya.

Hal tersebut tercantum dalam surat dari Plt. Deputi bidang pemantauan, evaluasi dan
pengendalian pembangunan kementerian Ppn/Bappenas dengan Nomor 06490/ME.02.05/d.9/t/03/2023 tentang penyampaian hasil penilaian tahap II tingkat Kabupaten dan Kota PPD tahun 2023.

Dirinya menyampaikan apresiasi kepada jajarannya, sebab, hal tersebut merupakan hasil kerja bersama.

“Capaian ini merupakan hasil keterlibat dari stakeholder dan seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Lampung Barat,” ujarnya.

“Yang dimulai dari proses perencanaan dari tingkat Pekon kolaborasi dengan Pemerintah Daerah,” sambungnya.

Namun, dirinya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi dan pusat, karena dikatakan Nukman capaian tersebut tidak lepas dari dukungan serta peran Pemerintah Provinsi dan pusat yang sangat berpengaruh terhadap pembangunan di Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:  Tekab 308 Polsek Terbanggi Besar Amankan Seorang Pria Diduga Ancam IRT Pakai Laduk

Pria yang merupakan asli putra daerah tersebut berharap kepada tim penilai, Akhmad Misbakhul Hasan agar memberikan banyak masukan kepada Pemkab Lampung Barat, sehingga ke depan Pemerintah Daerah bisa mengelola pembangunan di daerah dengan lebih baik.

“Saya berharap melalui FGD, akan muncul masukan yang bersifat membangun melalui
saran maupun kritik dari tim penilai. Sehingga Pemerintah Kabupaten Lampung Barat dapat meningkatkan kinerja pembangunan daerah serta menambahkan penyempurnaan pada pelaksanaan kegiatan maupun kebijakan yang dirasa masih kurang optimal,” harapnya.

Kegiatan yang merupakan suatu kebanggan bagi Kabupaten Lampung Barat tersebut, turut dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Adi Utama, Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala Perangkat Daerah dan perwakilan stakeholder-stakeholder. (HL-*/Hendri)