Bupati dan Wabup Tanggamus Halal Bihalal Dengan Disdik

43

HEADLINELAMPUNG, TANGGAMUS – Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus menggelar acara halal bihalal dalam rangka merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H yang bertempat di Gedung Serba Guna Komplek Islamic Center Kotaagung Tanggamus, Senin (22/05/2023).

Hadir dalam acara tersebut Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Wakil Bupati Tanggamus H. AM. Syafi’i, Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus Drs. Hamid Heriansyah Lubis, Penceramah Kyai Mutoi Dijambar, Para Assiten Sekretariat Kabupaten Tanggamus, Staff Ahli Bupati, Kepala OPD Kabupaten Tanggamus, Kepala Dinas Pendidikan Tanggamus Yadi Mulyadi, Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi’i, Ketua Darma Wanita Persatuan Tanggamus Nuraini Lubis, Camat Kotaagung Erlan Deni Saputra, Koordinator SPLP Tanggamus, Pengawas TK/SD/SMP Se Kabupaten Tanggamus, Penilik PAUD se kabupaten Tanggamus, Pengurus PGRI Kabupaten Tanggamus, Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Pengurus IGTKI Kabupaten Tanggamus, Pengurus Himpaudi Kabupaten Tanggamus, Pengurus PKBM Kabupaten Tanggamus, Kepala SD/SMP Se Kabupaten Tanggamus dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tanggamus Yadi Mulyadi, dalam sambutannya mengatakan bahwa tema halal bihalal kali ini adalah “Dengan menjalin silaturahmi kita tingkatkan iman dan taqwa untuk mewujudkan pendidikan berkarakter.”

Kegiatan halal bihalal ini diikuti oleh Koordinator SPLP Tanggamus, Pengawas TK/SD/SMP Se Kabupaten Tanggamus, Penilik PAUD se kabupaten Tanggamus, Pengurus PGRI Kabupaten Tanggamus, Pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Tanggamus, Pengurus IGTKI Kabupaten Tanggamus, Pengurus Himpaudi Kabupaten Tanggamus, Pengurus PKBM Kabupaten Tanggamus, Kepala SD/SMP Se Kabupaten Tanggamus berjumlah kurang lebih 700 orang yang hadir. Ini merupakan suatu momentum untuk saling memaafkan atas kesalahan yang dilakukan selama melaksanakan tugas kedinasan.

”Saya mengapresiasi kinerja Seluruh tenaga pendidik yang dinilai sudah berprestasi dengan baik untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Tanggamus,” tutupnya.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, dalam sambutannya mengucapkan Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin kepada Bapak/ibu dan saudara sekalian. Semoga dihari dan bulan yang baik ini kita semua senantiasa dalam lindungan dan mendapat keberkahan dari Allah SWT.

”Mari kita buka hati dengan lapang, pupuskan segala khilaf, dosa atau kesalahan. Baik disengaja maupun tidak disengaja. Untuk bersama-sama membuka lembaran baru yang lebih bersih, lebih berkualitas dan dalam kebersamaan yang diridhoi oleh Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

“Saya merasa bahagia dan bangga kembali bertemu dengan bapak/ibu dan saudara-suadara semua. Dimana Pelaksanaan acara halal bihalal ini selain menggalang silaturahmi, temu kangen diantara kita, akan tetapi yang terpenting adalah mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan diantara kita yaitu keluarga besar pendidikan dan pemerintah daerah, semoga Tema acara kita ini dapat terwujud, yakni Dengan Menjalin Silaturahmi, Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Untuk Mewujudkan Pendidikan Berkarakter,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Sanggar Budaya Sari Mudo Budoyo Kampung Bumi Setia, Jajal Gamelan Bantuan Dari Kemensos

Seperti kita ketahui dalam dunia pendidikan, walau dengan segala keterbatasan yang ada, baik dimasa pandemi dan seperti saat ini di masa pasca pandemi, Pembangunan dan peningkatan kualitas pendidikan selalu kita laksanakan, dan kita upayakan meningkat setahap demi setahap, ini juga demi upaya kita bersama meningkatkan nilai Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Tanggamus.

”Terkait itu, Bunda minta kepada kalian semua para keluarga besar dan stakeholder pendidikan, mari dukung program pemerintah daerah dalam upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Tanggamus, bantu Pemda dalam upaya peningkatan nilai IPM kita,” pintanya.

Berbagai terobosan disektor pendidikan telah kita lakukan, seperti Program Semua Bisa Sekolah (SBS), Program Anak Sekolah Ingin Kuliah (ASIK) dan Program Semua Bisa Kuliah (SBK). Kebetulan program SBK ini banyak diikuti oleh para Guru yang ingin kuliah dan mendapatkan gelar Diploma atau Sarjana di Tinggi. Ayo kita dukung dan sukseskan semua program-program tersebut. Semoga dengan usaha dan kerja keras kita semua, maka nilai IPM Kabupaten Tanggamus dapat meningkat secara signifikan.

Kita tidak ingin Kabupaten kita tercinta ini dianggap memiliki SDM yang berkualitas rendah, bodoh dan terbelakang. Oleh karenanya saya mengajak kalian semua sebagai GARDA TERDEPAN yang dapat merubah kualitas SDM, untuk bahu membahu agar kiranya cita-cita Kabupaten Tanggamus menjadikan Warga Masyarakat Kabupaten Tanggamus yang Maju dan UNGGUL dapat kita wujudkan bersama-sama. Kalau belum terwujud di tahun ini, bersama kita wujudkan ditahun-tahun yang akan datang.

“Kami dari Pemda, masih sangat mengharapkan support dan dukungan kerja dari para pendidik dan pengajar di sekolah TK/PAUD, SD dan SMP, dalam rangka membangun sektor pendidikan kita, yang akan menyiapkan SDM yang berkualitas dan mumpuni untuk berperan dalam pembangunan di Kabupaten Tanggamus kelak. Kami berkeyakinan apabila kita mampu membangun kerjasama, Komunikasi dan sinergi yang baik, maka cita-cita dan harapan pasti akan terwujud,” ujarnya.

BACA JUGA:  Sekdakab Pringsewu, Budiman Pamit dengan Wartawan

”Saya sangat berharap dan mohon disampaikan kepada Guru, Tenaga Pendidik, Pengawas dan lain- lainnya, agar dapat menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan lebih profesional, disamping itu diharapkan juga harus memiliki disiplin dan etos kerja yang tinggi, baik dalam mengabdikan diri kepada Negara maupun memberi pembelajaran kepada anak didik demi suksesnya pembangunan di bidang pendidikan dengan demikian di Kabupaten Tanggamus akan memiliki SDM yang unggul untuk Meningkatkan Pembelajaran Abad 21 Kurikulum Merdeka Belajar menuju kebangkitan Indonesia Baru Era Industri 4.0 dan memasuki era baru yang dinamakan Era Society 5.0, yang lebih mengandalkan manusia sebagai komponen utama dalam penggunaan teknologi modern. Untuk itu jelas kiranya kualitas dan kapasitas SDM kita harus mumpuni untuk menuju era baru,” harapnya.

Selajutnya kepada Pengawas Sekolah, Penilik dan Kepala Sekolah, harus dapat memberikan contoh teladan yang baik kepada guru dan siswa. Dari berpakaian, bertutur kata, bersikap dan berbuat Sebelum kepala sekolah mengajak guru untuk menegakkan kedisiplinan di sekolah, tentunya seorang kepala sekolah sudah memberikan teladan terlebih dahulu, seperti hadir disekolah lebih dahulu dan kepala sekolah harus lebih konsisten dan konsekwen dalam bersikap.

“Kepada Dinas Pendidikan, saya berharap kedepan untuk diperbanyak kegiatan peningkatan profesionalisme guru sehingga guru akan lebih meningkat pengetahuan dan kompetensi dirinya. Adapun beberapa Kegiatan guru tersebut yaitu melalui Pelaksanaan Workshop-workshop, Mensupport pelaksanaan guru penggerak yang saat ini sedang dilaksanakan, Lebih mengaktifkan kegiatan sekolah untuk guru kelas, Gugus-gugus di Kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), untuk guru mata pelajaran, kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) untuk Kepala SD, kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) untuk Kepala SMP,” tuturnya.

Kesemua ini dapat diisi dengan kegiatan pendalaman materi, sehingga pengetahuan guru dan kepala sekolah terus meningkat sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

”Suatu sekolah dikatakan bermutu apabila jenjang akreditasi sekolah tersebut sudah memperoleh Nilai A. Kepada Bapak/Ibu Pengawas Sekolah untuk dapat memberikan pendampingan kepada sekolah, sehingga sekolah itu benar-benar berkualitas,” tegasnya.

”Saya berikan apresiasi dan penghargaan atas prakarsa kegiatan Halal Bihalal dilingkungan Dinas Pendidikan ini. Mudah-mudahan menjadi momen yang tepat untuk kita membangun kebersamaan, kekompakan dan dilingkungan pendidikan se Kabupaten Tanggamus secara umum,” tutupnya. (HL-*/Andi)