Kadis Koperindag Lambar Ungkapkan Tujuan Penyediaan UMKM Guna Tingkatkan Perekonomian di Daerah

21

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Keberadaan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) mempunyai peran cukup penting dan strategis dalam peningkatan perekonomian daerah, bahkan digadang-gadang mampu menjadi motor penggerak ekonomi di setiap daerah tak terkecuali di Kabupaten Lampung Barat.

Pada kegiatan rutin mingguan Ngupi Bebakhong di Aula Kagungan Setdakab,
Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Tri Umaryani mengatakan, salah satu tujuan penyediaan UMKM yakni guna meningkatkan perekonomian di daerah, khususnya bagi masyarakat Lampung Barat, Senin (22/05/2023).

“Satu hal yang terpenting dilakukan yakni melakukan promosi yang cukup, agar produk UMKM di Lampung Barat dapat dikenal tingkat Nasional bahkan Internasional,” ujar Tri Umaryani.

BACA JUGA:  GTPP Covid-19 Tanggamus Apel Kesiapa Siaga Penertipan Perotokol Kesehatan

Oleh karena itu kata dia, salah satu cara metode promosi yang dilakukan yakni menyediakan pojok UMKM yang disediakan di setiap instansi Dinas lingkungan Kabupaten Lampung Barat hingga instansi vertikal.

“Untuk bapak ibu OPD diharapkan partisipasinya dalam melakukan promosi. Mungkin dengan salah satu cara jika ada tamu yang berkunjung maka disediakan produk UMKM kita, seperti kopi atau yang lainnya,” harapnya.

Menanggapi harapan tersebut, Asisten Administrasi Umum Ismet Inoni mengapresiasi penyediaan pojok UMKM yang diluncurkan Dinas Koperindag tersebut.

Menurutnya upaya tersebut merupakan langkah yang tepat guna meningkatkan promosi terhadap produk UMKM yang berada di Kabupaten Lampung Barat.

BACA JUGA:  Sempat diprotes karena Selisih Satu Suara, Kepala Kampung Bukit Batu Terpilih Tetap Dilantik

“Dengan cara menyediakan bahkan memberi bingkisan produk lokal UMKM kita kepada tamu yang berkunjung ke OPD-OPD ini merupakan cara yang efektif memperluas jaringan promosi kita,” kata dia.

Dengan adanya promosi yang luas salah satunya melalui pojok UMKM, dirinya berharap dapat mendongkrak perekonomian Kabupaten Lampung Barat.

“Selain untuk melakukan promosi produk UMKM ini juga memang menjadi kebutuhan bagi setiap OPD, seperti halnya kopi, gula semut bahkan keripik pisang untuk menjadi suatu suguhan kepada tamu yang berkunjung. Maka dari itu mari kita sama-masa untuk mendukung produk UMKM kita,” pungkasnya. (HL-*/Hendri)