Pemkab Tuba Siap Salurkan Bansos Tahap II

20

HEADLINELAMPUNG, TULANG BAWANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulang Bawang siap menyalurkan bantuan sosial (Bansos) untuk 32.434 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Tahap II.

Bansos tersebut akan didistribusikan melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tulang Bawang mulai tanggal 22 – 29 Mei 2023.

Nantinya, 32.434 KPM tersebut akan menerima beras seberat 10 Kg per kepala keluarga di 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Tulang Bawang.

Penyaluran bansos akan dilaksanakan bekerjasama dengan Bulog KCP Tulang Bawang. Bansos ini merupakan program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) oleh Badan Pangan Nasional (BPN) Tahap II.

BACA JUGA:  Basarnas Lampung-Tim SAR Gabungan Cari Nelayan Tenggelam di Tulang Bawang

Pada Tahap II ini pemerintah akan menyalurkan untuk 31.576 KPM per kepala keluarga 10 Kg sebanyak 32.434 Kg, selama 3 bulan.

Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tulang Bawang Anthoni didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan Hariyanto mengatakan, bansos dalam bentuk beras ini diperuntukkan bagi 32.434 KPM.

Bansos ini akan disalurkan kepada masyarakat di Kecamatan Gedung Aji Baru, Rawajitu Selatan, Rawajitu Timur, Penawar Tama, Banjar Margo dan Banjar Agung.

Kemudian Kecamatan Rawa Pitu, Penawar Aji, Meraksa Aji, Dente Teladas, Gedung Meneng, Menggala, Banjar Baru, Gedung Aji dan Menggala Timur.

BACA JUGA:  Bupati Umar Ahmad Populerkan Olahraga Rekreasi Air ISUP di Tubaba

“Rencana distribusi tahap 2 pada tanggal 22-29 Mei 2023, akan di lakukan oleh PT JPL. Jumlah penerima masih sama dengan tahap I sekitar 32.434 KPM di 15 Kecamatan,” ungkapnya, Senin (22/05/2023).

Untuk memastikan penyaluran bantuan sosial pangan beras tersebut lancar, DKP Tulang Bawang akan melakukan monitoring dan evaluasi (monev) ke sejumlah Kampung.

“Ini dilakukan sebagai upaya untuk mengendalikan inflasi, pemenuhan kebutuhan beras ini merupakan upaya pertama dalam mengendalikan dampak dari pada inflasi,” kata Dia. (HL-Rian)