Pj Bupati Lambar Hadiri Acara Gelar TTG XXIV

30

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG BARAT – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Lampung Barat Drs. Nukman didampingi Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Dra. Zelda Naturi Nukman menghadiri acara Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XXIV tahun 2023 yang mengusung tema “Menguatkan Daya Saing Desa dan Mensejahterakan Warga”, Rabu (07/06/2023).

Dalam acara yang berlangsung dari 1 hingga 11 Juni 2023 di Pkor Way Halim Kota Bandar Lampung, dibuka secara langsung oleh Kementrian Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Dr. Drs. A. Halim Iskandar diikuti seluruh Provinsi serta Kabupaten/kota di Indonesia.

Penjabat Bupati Lampung Barat yang secara langsung hadir dalam acara Nasional tersebut, menyempatkan waktu untuk mengunjungi stand diantaranya perwakilan dari Kabupaten Lampung Barat yang menampilkan produk lokal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) khas Lampung Barat diantaranya kopi, tas khas Lampung Barat bermotif celugam, gelang dan kerajinan khas Lampung Barat Lainnya.

Saat meninjau stand UMKM Lampung Barat Nukman didampingi Dr. Drs. A. Halim Iskandar dirinya menyampaikan rasa bangga, pasalnya UMKM Kabupaten Lampung Barat turut serta dalam memeriahkan pagelaran event tingkat Nasional tersebut.

BACA JUGA:  Operasi Ketupat Krakatau, Polres Lambar Razia Pengendara Tidak Pakai Masker

“Saya bangga, Kabupaten Lampung Barat sudah turut berpartisipasi pada acara teknologi tepat guna tahun 2023 ini, saya harap inovasi yang kita tampilkan ini bisa menjadi referensi dan inspirasi bagi daerah lain,” kata pemimpin Kabupaten berjuluk Negeri di Atas Awan tersebut.

Dirinya pun berharap, dengan adanya event Nasional tersebut, pelaku UMKM yang berasal dari Kabupaten Lampung Barat kedepannya dapat semakin termotivasi sehingga dapat menciptakan produk-produk unggul guna memajukan Lampung Barat.

“Semoga dengan kehadiran event TTG ini, pelaku UMKM kita kedepannya semakin termotivasi untuk menciptakan produk-produk unggulan,” tuturnya.

Sementara, Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi menjelaskan TTG merupakan event Nasional yang diselenggarakan setiap tahun dalam rangka penyebaran luas informasi dan promosi yang terkait dengan teknologi.

BACA JUGA:  Bupati Lampung Timur Hadiri Isra' Mi'raj di Masjid Jami Nurul Yaqin Desa Labuhan Ratu

“Tepat guna dalam upaya percepatan alih teknologi dari penemu kepada masyarakat dan pengguna yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil produksi UMKM yang begitu banyak di Desa,” jelasnya.

Dirinya mengatakan, Provinsi Lampung memiliki 320. 000 UMKM, namun menurutnya, sejauh ini belum memiliki tepat sasaran, oleh karena itu dirinya berharap, melalui pagelaran TTG tersebut dapat membuat suatu perubahan pada masa yang akan datang.

“Karena saya bersama wakil gubernur membangun Provinsi Lampung ini salah satunya dimulai dari ekonomi kerakyatan,” sebutnya.

Selain itu, menurut Gubernur Lampung pageran event TTG tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam mendorong memotivasi pengembangan daya kreativitas teknologi yang tepat guna, sehingga kedepannya memiliki prospek yang dapat digunakan masyarakat dalam upaya meningkatkan ekonomi.

“Pagelaran TTG juga digunakan untuk ajang tukar informasi teknologi yang ditemukan antar Desa,” pungkasnya. (HL-*/Hendri)