Pekan Nasional Petani-Nelayan XVI Tahun 2023 Resmi Dibuka, Pemprov Lampung Harapkan Peningkatan Pembangunan Pertanian dengan Menjalin Kemitraan

3

HEADLINELAMPUNG, SUMATERA BARAT – Gubernur Lampung diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kusnardi didampingi Ketua KTNA Provinsi Lampung, Hanan A. Rozak dan kontingen KTNA Lampung menghadiri acara pembukaan Pekan Nasional (PENAS) Petani – Nelayan XVI Tahun 2023, di Lapangan Udara Sutan Syahrir Kota Padang – Sumatera Barat, Sabtu (10/06/2023).

Pekan Nasional Petani Nelayan Indonesia merupakan ajang berkumpul dan bersilaturahmi bagi para kontak tani, nelayan dan petani hutan untuk saling memperlihatkan pencapaiannya selaku pelaku utama dalam pembangunan pertanian, perikanan dan kehutanan.

Acara dibuka Presiden RI yang diwakili Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto secara virtual.

Hadir juga secara langsung dalam acara pembukaan Penas di Padang, Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo, Anggota DPR-RI, Anggota DPD-RI, Ketua Umum KTNA Nasional, Yadi Sofyan Nur, beberapa Gubernur, Bupati//Walikota, Ketua KTNA Provinsi/Kabupaten se-Indonesia.

BACA JUGA:  Pemprov Lampung Lakukan Pemutihan Pajak Kendaraan Selama 6 Bulan

Menteri Syahrul Yasin Limpo dalam sambutannya mengatakan bahwa mitra petani dan pengusaha – pengusaha dari seluruh wilayah di Indonesia turut hadir disini, sehingga Pekan Nasional Tani – Nelayan ini menjadi sebuah momentum yang penting untuk menjalin kerjasama.

Disebutkan Mentan, sesuai data BPS sektor pertanian dapat terus tumbuh meskipun Indonesia dilanda Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir, untuk itu Presiden RI melalui Menteri Pertanian menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh petani di Indonesia yang telah berjuang bersama – sama untuk terus menjaga kestabilan pangan.

Gubernur Lampung saat melepas keberangkatan kontingen KTNA Lampung untuk mengikuti Pekan Nasional pada Kamis, 08/06/2023 juga menyampaikan harapannya agar seluruh kontingen Lampung dapat menjalin kemitraan dan jejaring usaha serta informasi agribisnis dengan pengusaha di bidang agribisnis dari berbagai daerah di Indonesia.

BACA JUGA:  Kadis BMBK Lampung: Meski Wabah Covid-19, Pemeliharaan Jalan-Jembatan Provinsi Tetap Rutin Dilakukan

Ketua KTNA Lampung Hanan A Rozak ditemui saat meninjau stand pameran produk pertanian Lampung mengatakan, bahwa dalam Penas XVI di Padang ini, provinsi Lampung mengirimkan 576 orang dari KTNA Provinsi yang terdiri, peserta utama, peserta Madya dan pendamping.

Dalam Pekan Nasional Tani – Nelayan di Sumatera Barat, kontingen Lampung mengikuti sejumlah kegiatan diantaranya, Temu Wicara, Rembug Madya dan Rembug Utama KTNA Nasional, Temu Profesi, Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Pameran dan Expo Pertanian, Gelar teknologi, Peragaan, Unjuk Tangkas dan Asah Terampil, Studi Banding dan Pagelaran Seni Budaya Nusantara. (HL-*)