Perangi Narkoba, Kapolres Pesawaran Resmikan Desa Bebas Narkoba

27

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN – Upaya Polres Pesawaran dalam memerangi dan memberantas peredaran Narkoba di Bumi Andan Jejama salah satunya dengan meresmikan Desa Bebas Narkoba.

Desa Kedondong adalah satu Desa yang diresmikan sebagai Desa Bebas Narkoba, oleh Kapolres Pesawaran AKBP. Maya Henny Hitijahubessy, bersama Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona, para pejabat dan unsur terkait untuk menyampaikan komitmen dan dukungan dalam upaya pemberantasan narkoba.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Jajaran Forkopimda Kabupaten Pesawaran, Sekretaris Daerah Kabupaten Pesawaran, Para Pejabat Struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Para Camat se-Kabupaten Pesawaran, Para Kepala Desa dilingkup Kecamatan Kedondong Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Masyarakat. Peresmian dilaksanakan di Aula Desa Kedondong Kecamatan Kedondong kabupaten setempat. Rabu (30/08/2023).

“Apresiasi atas komitmen bersama untuk membentuk Desa Bebas Narkoba. Komitmen Polri dalam memberantas narkoba dan mendukung program pembangunan masyarakat yang lebih maju dan produktif,”

BACA JUGA:  Dendi Tinjau Lokasi Banjir di Pesawaran

“Upaya ini bukan hanya menangkap pengedar, tetapi juga menyebarkan pemahaman tentang bahaya narkoba, dan membangun kesadaran masyarakat akan urgensi memerangi narkoba,” kata Kapolres.

Diperjelas Kapolres, tujuan dari pembentukan Desa Bebas Narkoba di Kecamatan Kedondong untuk menciptakan masyarakat yang terbebas dari penyalahgunaan narkoba,

“Dengan dukungan penuh dari berbagai pihak, diharapkan upaya ini dapat menjadi langkah awal yang berhasil dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Pesawaran,” jelas Kapolres.

Sementara Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona menyampaikan, faktor dan aktor utama dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika dan merupakan benteng paling kokoh dalam mencegah terjadinya tindakan-tindakan destruktif adalah keluarga.

“Keluarga yang dimaksud adalah Keluarga yang harmonis, penuh kedamaian, ketentraman, dan kasih sayang serta mampu menanamkan tata nilai bahwa narkotika membahayakan kesehatan apabila dikonsumsi secara ilegal,” ucap Bupati.

BACA JUGA:  Pesawaran Peroleh Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Tahun 2023 dari Kemendikbudristek

Orang nomor satu di Kabupaten Pesawaran ini, berharap dengan Deklarasi Desa Bebas Narkoba Desa Kedondong ini dapat menjadi contoh bagi desa-desa lainnya untuk menekan peredaran narkoba di Kabupaten Pesawaran.

“Penyalahgunaan narkoba selain terbukti telah merusak masa depan bangsa juga merusak karakter manusia, merusak fisik, dan kesehatan masyarakat, serta dalam jangka panjang berpotensi besar mengganggu daya saing dan kemajuan bangsa,” harapnya.

Ketua Satgas Bebas Narkoba, M. Fadli, yang juga sebagai Kepala Desa Kedondong menyampaikan terima kasih atas dukungan dari berbagai pihak, termasuk Kapolres Pesawaran yang telah memberikan kepercayaan kepada satgas ini.

“Semoga kegiatan ini dapat menghilangkan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kecamatan Kedondong dan menjadi contoh positif bagi daerah lain,” pungkasnya. (HL-Yudhi)