Tiga Program Skala Prioritas Pemdes Kekatang

50

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN – Tiga program skala prioritas Pemerintah Desa, dari peningkatan disektor Pertanian, Pariwisata, dan Pemberdayaan Masyarakat.

Kebutuhan sarana sumur bor yang diperuntukan mengaliri sawah tadah hujan, perbaikan dermaga untuk destinasi wisata pulau, dan instalasi listrik yang belum dimiliki warga di salah satu dusun.

Hal itu dikatakan Kepala Desa Kekatang Ahmad Fauzi, saat dijumpai pada hari Kamis 31 Agustus 2023, di Kantor Desa Kekatang Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran, Jumat (01/09/2023)

“Kalau untuk kebutuhan di desa kami saat ini adalah sumur bor di daerah pesawahan/pertanian sangat diperlukan petani dalam pasokan air, sebab dengan adanya sumur bor, otomatis hasil sawah tadah hujan akan semakin meningkat, dan dulu desa Kekatang pernah mendapat bantuan sumur bor, tapi itu sudah lama sekali, sekitar sepuluh tahun yang lalu, sedangkan kebutuhan sumur bor bukan hanya satu, agar sawah tadah hujan dapat teraliri air semuanya,” kata Fauzi.

BACA JUGA:  Polres Pesawaran Tangkap Empat Tersangka Pengedar Narkoba

Selain itu, lanjut Fauzi, kedepannya pihak desa akan melakukan inovasi terhadap destinasi wisata desa, selain mengembangkan usaha pertanian, dan peningkatan Sumber Daya Masyarakat (SDM).

Fauzi juga menambahkan, selain bantuan sumur bor, dirinya juga mengharapkan bantuan perbaikan dermaga, karena dermaga tersebut sangat dibutuhkan untuk kemajuan dan keberlangsungan wisata yang ada di desa setempat.

“Kami juga berharap bantuan perbaikan dermaga yang ada di Desa Kekatang ini, kalau dermaga tersebut sudah diperbaiki maka akses wisata ke Pulau bisa berjalan lagi agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, bahwa pihaknya saat ini sedang mengajukan pemasangan listrik untuk sejumlah warga yang ada di dusun enam.

“Kami saat ini sedang mengajukan pemasangan listrik untuk warga dusun enam, karena di dusun tersebut ada sekitar empat belas rumah, atau tujuh belas Kepala Keluarga (KK) yang belum mempunyai listrik,”.

BACA JUGA:  Wakapolres Pesawaran Tutup Latja Siswa Diktukba 2022

“Saya berharap, agar pihak terkait dapat menindaklanjuti harapan warga Desa hingga adanya pemerataan yang dapat dirasakan masyarakat khususnya di Desa Kekatang,” harapnya.

Sementara Muzani, Kepala Seksi (Kadi) Kesejahteraan Masyarakat Desa Kekatang, membenarkan apa yang disampaikan Kepala Desa Kekatang, Ahmad Fauzi.

“Memang benar sekali apa yang disampaikan Pak Kades, tentang kondisi di Desa Kekatang, dari sawah tadah hujan yang kesulitan air, kondisi dermaga yang harus di perbaiki, serta masyarakat Dusun Enam yang belum dapat merasakan terangnya sinar cahaya lampu listrik,” ujarnya.

“Kami disini berharap kepada semua pihak untuk dapat membantu mewujudkan harapan masyarakat Desa Kekatang,” ucapnya. (HL-Yudhi)