Umbul Limus Salah Satu Destinasi Wisata Budaya

72

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN – Lamban Panggung Desa Umbul Limus Kecamatan Marga Punduh sebagai salah satu desa dengan destinasi wisata budaya yang ada di kabupaten Pesawaran.

Dalam program unggulan Bupati Pesawaran Dr. H. Dendi Ramadhona, Pemerintah Kabupaten Pesawaran menetapkan Program One Village One Destination (OPOD) melalui Dinas Pariwisata dalam meningkatkan sektor pariwisata di Bumi Andan Jejama. Jumat (01/09/2023).

Kepala Desa Umbul Limus Ismail Alfian mengatakan, pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten Pesawaran menetapkan desanya menjadi salah satu desa wisata budaya, mengingat di desanya perumahan warga didominasi dengan perumahan panggung atau lamban panggung.

“Jadi memang kalau di desa kami ini mayoritas penduduknya suku Lampung, sehingga banyak warga kami yang tempat tinggalnya masih rumah panggung, dan ini yang menjadi desa kami ditetapkan sebagai destinasi wisata budaya,” ujarnya kepada awak media saat melakukan kunjungan ke Desa Umbul Limus Kecamatan Marga Punduh, pada Kamis 31 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Pemkab Pesawaran Gelar Doa Bersama Lintas Agama Dalam Rangka Peringati Hari Jadi Pesawaran ke-16

Dirinya mengatakan, kedepannya pihak desa akan melakukan pengelolaan terhadap destinasi wisata budaya ini, sehingga masyarakat yang ingin mempelajari dan mengenal adat istiadat masyarakat adat Lampung, selain rumah khas, pihaknya juga memiliki kerajinan masyarakat seperti menyulam.

“Pengembangan objek budaya yang berbasis pada sumber warisan budaya seperti punya kita ini, merupakan sarana efektif untuk melestarikan dan merawat kebudayaan serta kearifan lokal masyarakat, selain menjadi aset dan warisan budaya, dapat pula memberi peluang yang sangat besar bagi pengembangan kawasan wisata, seni, religi, dan budaya lokal,” kata dia.

BACA JUGA:  Bupati Dendi Safari Ramadhan ke Dua Kecamatan

“Saya berharap, kearifan budaya yang mempunyai nilai-nilai kearifan lokal harus terus mendapat posisi dan ruang agar tidak hilang begitu saja, dan kami tetap menjaga kearifan ini agar dapat dijaga dan dirawat kelestarian sehingga memberikan sejarah bagi generasi yang akan datang,” katanya.

Senada dengan Rudi selaku Kepala Urusan (Kaur) Keuangan Desa Umbul Limus, mengatakan, masyarakat disini 98 persen Suku Lampung, dan masih kental dengan adat dan budaya Lampung.

“Lamban Panggung salah satu ciri khas masyarakat Suku Lampung, dan merupakan peninggalan dari nenek moyang kami, hingga saat ini keberadaannya masih banyak di Desa Umbul Limus,” pungkasnya. (HL-Yudhi)