Pahawang Siapkan Lahan Pembangunan Pustu

28

HEADLINELAMPUNG, PESAWARAN -Masyarakat dan Pemerintah Desa Pulau Pahawang Kecamatan Marga Punduh, siapkan tanah untuk pembuatan Puskesmas Pembantu (Pustu) di desanya tersebut.

Kepala Desa Pulau Pahawang Ahmad Salim mengatakan, pihaknya menyiapkan lahan tersebut setelah adanya instruksi dari pemerintah daerah, yang berencana akan melakukan pembangunan Pustu di desanya.

“Iya, kami diberitahukan sebelum adanya pembangunan itu pihak desa wajib menyiapkan lahannya, karena itu kami pemerintah desa bersama masyarakat berinsiatif untuk iuran agar menyiapkan lahan yang akan dibangun Pustu tersebut,” ujarnya. Minggu (03/09/2023)

Dirinya menyambut baik adanya wacana pembangunan Pustu tersebut, mengingat saat ini Pulau Pahawang menjadi salah satu destinasi wisata di Pesawaran yang paling banyak di kunjungi wisatawan.

BACA JUGA:  Bupati Dendi Kumpulkan Kadis di Lapangan,  Pejabat Pesawaran Diminta Cepat Tanggap Cegah Covid-19

“Pertama di desa kami ini baru ada bidan desa, kedua sebagai daerah destinasi wisata kita juga harus melengkapi segala fasilitas penunjang yang ada, salah satunya fasilitas kesehatan ini,” ujar dia.

“Dengan adanya Pustu itu kedepannya, baik masyarakat maupun wisatawan yang datang, perlu mendapatkan perawatan medis, tidak perlu jauh-jauh ke darat lagi karena ditempat kita sudah ada,” kata dia.

Dirinya juga berharap, nantinya petugas kesehatan yang ditempatkan di Pustu tersebut, merupakan masyarakat asli Desa Pahawang yang telah mengenyam pendidikan kesehatan.

BACA JUGA:  Enam Misi Wahyudi, Bakal Bawa Perubahan Untuk Desa Way Layap

“Kami juga telah memiliki SDM nya, ada anak-anak Desa Pahawang ini yang kuliah baik keperawatan maupun kebidanan, sehingga ketika Pustu itu sudah ada mereka bisa diberdayakan di Pustu tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesawaran Dr. Media Apriliana mengatakan, Pemkab Pesawaran tahun depan akan mendapatkan bantuan pembangunan Pustu di Desa Pahawang, dan saat ini segala persyaratan administrasi telah selesai semua.

“Kemarinkan kita bingung terkait lahannya, kalau masyarakat dan pemerintah Desa Pahawang bersedia menyiapkan lahannya, berarti sudah tidak ada masalah lagi, mudah-mudahan tahun depan pembangunan Pustu akan segera berjalan,” ujarnya. (HL-Yudhi)