20 Mahasiswa Tunas Garuda Terima Beasiswa Pendidikan

79

HEADLINE LAMPUNG, TULANGBAWANG BARAT-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat memberikan beasiswa pendidikan kepada 20 mahasiswa D3 yayasan Politeknik Tunas Garuda yang berdomisili di ibukota budaya Uluan Nugik, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

Pemberian beasiswa pendidikan tersebut diberikan kepada mahasiswa kategori tidak mampu dan berprestasi, baik secara akademik maupun non akademik.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Pemkab Tulangbawang Barat Nurkolis Majid mengatakan pemberian beasiswa pendidikan kepada 20 mahasiswa D3 yayasan Politeknik Tunas Garuda merupakan program unggulan pemkab setempat yang bersumber dari anggaran APBD kabupaten Tubaba.

“Beasiswa diberikan untuk 20 mahasiswa 1 angkatan yang anggarannya bersumber dari APBD kabupaten Tubaba,” ujar Nurkolis didampingi PPTK Kesejahteraan Sosial Yusrizal, di ruang kerjanya, Senin (4/9/2023).

BACA JUGA:  Tubaba Terapkan UTS Gunakan Smartphone

Nurkolis menjelaskan pemberian beasiswa pendidikan tersebut diberikan sejak tahun anggaran 2022, tahun 2023 dan tahun 2024 mendatang. “Khusus tahun 2023 ini baru akan di bayarkan pada APBD perubahan,” jelasnya.

Dia menerangkan ke 20 orang mahasiswa D3 1 angkatan itu masing-masing memperoleh beasiswa sebesar kurang lebih Rp 31 juta. Total setahun untuk 20 mahasiswa kurang lebih Rp 634 juta.

Dengan estimasi 1 orang mahasiswa mendapatkan beasiswa kurang lebih Rp 90 juta/mahasiswa, yang diberikan selama 3 tahun. Setiap tahun 1 mahasiswa mendapatkan kurang lebih sekitar Rp 31 juta/ mahasiswa dengan rata rata pertahun Rp 634 juta,.

“Jadi estimasi jika di total selama 3 tahun ke 20 mahasiswa dianggarkan hampir mencapai Rp 2 milyar,” terangnya.

Dia juga mengatakan politeknik Tunas Garuda adalah sekolah unggulan yang ada di kabupaten Tubaba. Mahasiswanya yang berhasil lulus di prioritaskan langsung bekerja di sejumlah perusahaan ternama di Lampung. Program ini juga telah diakui oleh pihak propinsi.

BACA JUGA:  Pj Bupati Tubaba Sampaikan LKPJ tahun 2023

“Pihak propinsi mengakui kelebihan program ini. Bahkan menjadi pilot projects nilai positif bagi dunia pendidikan,” ungkapnya.

Sebelumnya kata dia program ini juga sudah pernah terlaksana. Tercatat ada dua mahasiswa Unila yang pernah mendapatkan beasiswa pendidikan serupa.

Khusus untuk Tunas Garuda mendapatkan keistimewaan dan yang terbanyak.

“Untuk usulan mahasiswa tidak mampu dan berprestasi tersebut sekolah yang menyampaikan. Pemkab Tubaba hanya memverifikasi dan menganggarkan. Untuk pencairan beasiswa pendidikan diberikan langsung ke rekening masing-masing mahasiswa penerima,” tutupnya. (HL-DRA)