Gelar Operasi Zebra Krakatau 2023 Polres Lampung Tengah Terjunkan 686 Personil

79

HEADLINELAMPUNG, LAMPUNG TENGAH – Polres Lampung Tengah menggelar apel gelar pasukan operasi Zebra Krakatau 2023 Senin (4/9/2023).

Apel gelar Pasukan Ops Zebra dengan Komandan Upacara Kanit Regident IPTU Ramdoni STr. K MH sedangkan Kapolres LampungbTengah AKBP Andik Purnomo Sigit SH. SIK. MM, bertindak sebagai Inspektur upacara (Irup)

Operasi Zebra dengan tema “KAMSELTIBCARLANTAS YANG KONDUSIF MENUJU PEMILU DAMAI 2024”.

Dalam amanat Kapolda Lampung Irjen Helmy Santikan yang dibacakan oleh Kapolres Lampung Tengah AKBP Andik Purnomo Sigit. menjelaskan permasalah dibidang Lalu Lintas dewasa ini telah berkembang dengan cepat, dan dinamis.

Hal ini Sambung Kapolres sebagai konsekwensi dari meningkatnya jumlah kendaraa bermotor dan populasi penduduk yang memerlukan transportasi sebagai sarana mobilitas dalam hal memenuhi kebutuhan hidupnya.

“Perkembangan transportasi juga telah menginjak era digit. Dimana operasional pelayanan angkutan publik, ” imbuhnya.

Dalam amanat Kapolda Lampung yang dibacakan Kapolres Lampung Tengah, juga menyoroti persoalan publik yang sudah berada dalam genggaman cukup denhan menggunakan alat komunikasi

“Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi kinerja Polri, khususnya polisi lalu lintas, ” ujarnya.

Sehingga sambungnya mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modrnisasi transporyasi. Diantaranya adalah ETLE, SIIM online (Sinar) signal (Samsat Digital Nasional) E -Samdes (Samsat Desa).

BACA JUGA:  Komnas PA Lamteng Sosialisasi dan Edukasi Siswa MBS Tentang Bahaya Bulliying

“Kita ketahui bersama, beberala waktu kedepan tidak lama lagi bangsa Indonesia akan melaksanakan perhelayan besar yaiti, Pemilu 2024,” terangnya.

“Dimana kita semua harus mendukunh pelaksanaan Pemilu 2024, sehingga khususnya masyarakat dapat melaksanakanya.

Melaksanakan pesta Demokrasi lima tahunana dengan aman dan nyama untuk terwujudnya Pemu yang damai pada tahun 2024.

“Pada kesempatan ini juga saya mengingatkan kepada seluruh anggota Polri berkomitmen untuk tetap netral dan menjaga kesetabilan dan ketertiban masyarakat. Sehingga proses demokrasi dapat berjalan lancar dan damai, ” tegas Kapolda.

Dengan adanya sinergitas baik institusi pemerintah penyellenggara Pemilu maupun masyarakat menjadi kunci utama untum mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan bangsa.

Ops Zebra Krakatau 2023 akan digelar selama 14 dimulai dari 4 s/d 17 September 2023. Secara serentak dalam rangka mendukunh menuju Pemilu damai. Dengan meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

“Ops Zebra Krakatau 2023 mengedepankan kegiatan edukatig dan persuasig serta humanis didukung penegakan hukum secara elektronik dan teguran simpatik. Tujuanya adalah menurunkan angka pelanggaran Laka Lantas dan angka Fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas diwilayah Hukum Polda Lampung.

BACA JUGA:  Miliki Sabu, Dua Pemuda Diamankan Satresnarkoba Polres Lamteng

Sasaran Operasi Zebra Krakatau 2023, yakni

Segala bentuk potensi gangguan (PG) ambang gangguan (AG) dan gangguan nyata (GN) yang berpotensi mengakibatkan kemacetan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, baik sebelum, pada saat maupun pasca Ops Zebra Krakatau 2023.

Dengan 7 Prioritas pelanggaran

1. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara

2. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang masih dibawah Umur.

3. Pengemudi atau Pengedara Ranmor, yang berboncengan lebih dari satu.

4. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang tidak menggunakan helm SNI dan pengemu atau pengendara yang tidak menggunakan Safety Belt

5. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang dalam pengaruh atau mengkonsumsi alkohol.

6. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang melawan arus (Contra Flow)

7. Pengemudi atau Pengedara Ranmor yang melebihi batas kecepatan.

Kapolres Lamteng mengingatkan anggotanya agat selalu berdoa saat memulai pekerjaan.

“Niatkan sebagai ibadah saat melangkah menunaikan tugas, ” pungkas Kapolres Lamteng AKBP Andik Purnomo Sigit .(HL-Gunawan)