Dispusar Mesuji Laksanakan Kickoff Aplikasi Srikandi dan Pencanangan GNSTA

14

MESUJI-Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusar) Kabupaten Mesuji melaksanakan Kickoff Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA), kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Layanan Perpustakaan Daerah Kabupaten Mesuji, pada Selasa (19/09/2023).

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan secara hibrid melalui saluran aplikasi zoom yang ikuti oleh Kepala Pusat Data dan Informasi Arsip Nasional Republik Indonesia, Hilman Rosmana, Kadispusar Kabupaten/Kota Se-Provinsi Lampung melalui, dihadiri di lokasi oleh Asisten Bidang Administrasi umum, Agus Haryanto, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat Se-Kabupaten Mesuji.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusat Data dan Informasi Arsip Nasional Republik Indonesia, Hilman Rosmana menyampaikan, Aplikasi Srikandi yang diluncurkan oleh Arsip Nasional RI dan dibangun bersama Kementerian Pan-RB, Kementrian Kominfo dan Badan Siber dan Sandi Nasional dan merupakan aplikasi wajib dalam Pengelolaan Arsip yang menjadi penentu tata kelola pemerintahan berbasis elektronik. Sesuai Perpres No 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

BACA JUGA:  Anggota DPRD Metro Pertanyakan Program Unggulan Walikota

“Aplikasi Srikandi merupakan aplikasi wajib dalam Pengelolaan Arsip yang menjadi penentu tata kelola pemerintahan berbasis elektronik, Harapannya penggunaan aplikasi Srikandi ini dapat didukung secara penuh oleh Pemerintah Daerah serta dukungan anggaran di tiap OPD,” sebut Hilman.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Bidang Administrasi umum, Agus Haryanto mewakili Penjabat Bupati Mesuji, Sulpakar menyampaikan, Apresiasi terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang bertujuan untuk mendorong terciptanya tertib administrasi kearsipan dalam penyelenggara Kearsipan di Kabupaten Mesuji.

“Apresiasi tinggi saya ucapkan terhadap pelaksanaan kegiatan ini yang bertujuan untuk mendorong terciptanya tertib administrasi kearsipan dalam penyelenggara Kearsipan di Kabupaten Mesuji,” ucap Agus.

BACA JUGA:  Antisipasi Virus Corona, Nanang Liburkan Sekolah di Lampung Selatan Dua Pekan

Agus menambahkan berharap Aplikasi tersebut dapat memudahkan dalam pelayanan kepada penanggungjawab maupun pengguna arsip terhadap akses informasi melalui ketersediaan arsip yang baik dan lengkap.

“Oleh sebab itu saya ingin setiap unit kerja betul betul dapat menggunakan aplikasi ini dengan baik, sehingga setiap Dokumen yang diterbitkan dapat tertata dengan baik,” imbuhnya.

Ditambah juga oleh Kadispusar Kabupaten Mesuji, Gunarso, di Provinsi Lampung baru ada tiga kali Kickoff Aplikasi Srikandi, Yaitu Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung dan Kabupaten Mesuji.

“Di Provinsi Lampung sendiri baik Provinsi maupun Kabupaten/Kota baru dilaksanakan baru ada tiga kali Kickoff Aplikasi Srikandi, Yaitu Provinsi Lampung, Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Mesuji,” jelas Gunarso. (HL-RANGGA)