Mantan Bupati Dorong Pirwansyah Maju Pilkada Lampura 2024

126

HEADLINE LAMPUNG, LAMPUNG UTARA-Geliat kontestasi menuju pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 kabupaten Lampung Utara mulai nampak.

Sejumlah tokoh yang dinilai layak maju di pilkada tersebut mulai muncul kepermukaan. Salah satunya adalah tokoh megopak Tulangbawang, yang juga mantan inspektur di pemerintahan provinsi Lampung.

Dia adalah Pirwansyah yang digadang-gadang pantas maju baik sebagai bakal calon bupati maupun bakal calon wakil bupati di kabupaten tertua Lampung ini.

“Satu tahun yang lalu saya bertemu dengan seorang tokoh Lampung yang juga mantan Bupati Lampung Utara dua periode Hi Hairi Fasyah. Dia bilang Pirwansyah kamu nyalon bupati atau wakil bupati saja di Lampung Utara,” sebut Pirwansyah menirukan saran yang disampaikan mantan politisi handal Lampung itu, kepada Headline Lampung di kediamannya, Jumat (29/9/2023).

Menurut Pirwansyah dorongan itu, disampaikan saat dirinya masih aktif sebagai ASN di lingkup inspektorat Provinsi Lampung.

“Saya bersama istri bertemu dan bersilaturahmi bersama beliau di kediamannya di Bandarlampung. Sambil makan siang bareng, pak Hairi Fasyah mendorong saya agar maju pilkada,” ceritanya.

BACA JUGA:  Puluhan Lampu Penerangan di Gerbang Kota Metro Padam

Saran dan masukan saat itu, kata Pirwansyah tidak begitu ditanggapi karena dia berpikir dirinya masih aktif sebagai ASN.

“Setelah menginjak beberapa bulan memasuki masa pensiun sebagai ASN, saya merenung dan berkonsultasi ke sejumlah tokoh dan ulama. Saya pikir, tidak ada masalah jika saya harus mencobanya,” kata mantan pejabat yang pernah menduduki jabatan camat di Lampura sebanyak tiga periode ini.

“Kita tidak tahu jadi atau tidaknya kalau tidak mencalonkan maju sebagai calon bupati atau wakil bupati tersebut,” lanjutnya.

Atas dorongan dan saran mantan politisi senayan jaman orba tersebut, Pirwansyah menyatakan kesiapannya dan bertekad untuk maju pada kontestasi di pilkada Lampung Utara 2024.

“Saya tidak begitu ambisi. Saya berpikir realistis jika saya dinilai pantas maju sebagai wakil bupati maka saya siap jika ada bakal calon bupati yang ingin mengajaknya untuk bergandengan bersama,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Dandim 0421/Lampung Selatan Diganti

Tapi jika dikemudian hari dinilai masyarakat layak maju sebagai bakal calon bupati maka saya pun siap. Semuanya saya serahkan kepada takdir Allah SWT. Jika milik maka akan dimudahkan semua urusannya,” tambahnya.

Pirwansyah juga mengaku sudah mempelajari dan mendengar isu siapa-siapa dan nama-nama yang mulai beredar ditengah masyarakat yang akan tampil pada kontestasi politik tersebut. Diantaranya wakil bupati Lampung Utara Ardian Saputra, mantan Danrem Lampung Brigjend Purwirawan Amalsyah Tarmizi, istri mantan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara Endah Kartika Praja Wati, Ketua NU Son Haji dan Aprozi Alam Ketua AMPG propinsi Lampung.

“Saya pelajari dan saya lihat ada dua nama yang menurut saya cocok dengan saya.Tapi kita lihat siapa yang paling berpotensi kedepannya. Yang pasti saya tidak akan melamar, jika diajak dan saya nilai cocok maka saya siap dan ikut,” jelas mantan birokrasi yang kini aktif menjadi petani ini. (HL-DRA)