Sasar Mahasiswa dan Pelajar, RSU Ahmad Yani Gelar EDUMY di Universitas Muhammadiyah

38

METRO– RSU Jenderal Ahmad Yani Kota Metro, bekerja sama sengan Yayasan Jantung Indonesia (YJI) setempat, melaksanakan Edukasi Mingguan Ahmad Yani (EDUMY) di Universitas Muhammadiyah Metro. Sasaran kegiatan tersebut, yakni mahasiswa dan pelajar.

Direktur RSU Jenderal Ahmad Yani Kota Metro, Fitri Agustina mengatakan, dalam kegiatan EDUMY) kali ini, dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Metro, dengan mengundang organisasi mahasiswa dan pelajar sebagai peserta. “Sasaran program EDUMY kali ini adalah para mahasiswa dan pelajar,” kata Fitri Agustina.

BACA JUGA:  Rizal Irawan: Tahun Ini Stadion Tubaba Siap Dibangun

Adapun, lanjut dia, edukasi yang diberikan adalah tentang BHD (Bantuan Dasar Hidup) serta seluruh peserta juga diajak mempraktektan cardiopulmonary resuscitation atau juga biasa dikenal dengan istilah RJP (resusitasi jantung paru) dalam bahasa Indonesia.

Sementara itu, dr. Nuka Meriedlona, Sp. JP, dokter spesialis jantung dan pembuluh darah menjadi narasumber, menerangkan apa saja tentang Bantuan Hidup Dasar ketika ada seseorang tiba tiba tidak sadarkan diri dengan cara bagaimana mendeteksi denyut jantung serta apakah korban perlu dilakukan CPR cardiopulmonary resuscitation atau juga biasa dikenal dengan istilah RJP (resusitasi jantung paru) dalam bahasa Indonesia. “Artinya, CPR adalah salah satu upaya pertolongan pertama gawat darurat secara medis yang dilakukan ketika ada seorang pasien henti jantung,” ungkap Nuka Meriedlona. (HL-dwi)

BACA JUGA:  GOW Kabupaten Pesawaran Beri Bingkisan kepada 100 Guru Ngaji Berjasa