Saka Adyasta Pemilu Dibentuk, Nanda Harap Kontribusi Nyata Pramuka dalam Pemilu 2024

26

PESAWARAN – Satuan Karya Pramuka Adyasta Pemilu disingkat Saka Adyasta Pemilu adalah satuan karya Pramuka yang merupakan wadah kegiatan ke – Adyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan pemilu guna menumbuhkan kesadaran berperan serta dalam pengawasan pemilu.

Demikian dikatakan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Pesawaran Nanda Indira Dendi pada upacara Pelantikkan Majelis Pembimbing Saka (MABISAKA) dan Pimpinan Saka Adyasta (PINSAKA) Pemilu Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran Masa Bakti 2021-2026 serta Sosialisasi dari Bawaslu Pesawaran di Hotel Arinas Bandar Lampung, Senin (20/11/2023).

Nanda menjelaskan tujuan dibentuknya Saka Adyasta Pemilu adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu, menciptakan Pemilu yang Bebas, Umum, Langsung dan Rahasia.

BACA JUGA:  Demokrat Siap Menangkan Ardian Saputra di Pilkada 2024

“Kemudian juga menjadi sekolah demokrasi bagi anggota Pramuka di bidang pengawasan pemilu dan memberikan pendidikan khusus pengawasan pemilu bagi anggota Pramuka,” ucap Nanda.

Selain itu, sasaran pembentukan Saka Adyasta Pemilu adalah untuk memperluas pengawasan pemilu ke pemilih pemula, mewujudkan calon aparatur pengawas pemilu serta menciptakan aktor pengawas pemilu.

Nanda yang juga Ketua TP-PKK Kabupaten Pesawaran mengatakan kegiatannya berupa peningkatan pengetahuan pengawasan pemilu dalam kegiatan kepramukaan dan juga meningkatkan keterampilan Pengawasan Partisipatif dalam kegiatan kepramukaan.

BACA JUGA:  Dinas PUPR Pesawaran Tinjau Lokasi Banjir di Way Lima

Harapannya dengan dibentuknya Saka Adyasta Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Pesawaran ini, untuk mengembangkan pengawasan partisipatif.

“Sehingga masyarakat, khususnya anggota Pramuka yang ada di Kabupaten Pesawaran bisa memahami pentingnya pengawasan Pemilu maupun Pilkada sejalan dengan amanah UU,” imbuhnya.

Ia pun berharap dengan kepengurusan yang baru saja dilantik dapat menjalankan tugas dan perannya secara maksimal, sehingga dapat memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan berdemokrasi di Kabupaten Pesawaran ini.

Nanda mengajak untuk meningkatkan pengawasan dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada yang sudah dekat.

“Bersama rakyat awasi Pemilu, Bersama Bawaslu tegakkan keadilan Pemilu”, pungkasnya.(HL-Yudhi)