Kapolsek Terbanggi Besar Anjau Silau ke Tokoh Adat dan Masyarakat, Serta Kunjungi Gedung Pemerintahan Pertama di Provinsi Lampung

2429

LAMPUNG TENGAH—Kapolsek Terbanggibesar, Polres Lampung Tengah, Anjau Silau kerumah kediaman mantan Bupati Pertama Bumi Beguai Jejamo Wawai, paska pemekaran dari kota Metro, dan bersama dengan tokoh adat, agama mengunjungi gedung pemerintahan pertama diprovinsi Lampung, dijaman pemerintahan Hindia Belanda, Jumat (23/02/2024).

Kehadiran Kompol Edi Qorinas kerumah kediaman Andy Achmad, yang berada di Kampung Induk Terbanggibesar, adalah dalam rangka, terciptanya Situasi Kamtibmas yang Aman dan Kondusif di Wilayah Hukum Polsek Terbanggi Besar Polres Lampung Tengah

Hal itu untuk Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Serta Antisipasi Kerawanan-kerawanan pada tahapan Pemilu 2024 (cooling down system) di Wilayah Hukum Polsek Terbanggi Besar Polres Lamteng.

Selain itu juga untuk mengingat kembali sejarah berdirinya Gedung pemerintahan pertama di Provinsi Lampung, merupakan peninggalan leluhur yang harus tetap terjaga.

BACA JUGA:  Pj. Bupati Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kantor PWI Mesuji

Dari catatan sejarah yang pertama merujuk dari bukti-bukti phisyk bangunan tua di Kampung Induk Terbanggibesar didirikan pada tahun 1832 Masehi pada saat pemerintahan Hindia Belanda.

Menurut Edi Qorinas, berdasarkan sejarah gedung pemerintahan pertama di Provinsi Lampung tersebut dibangun tahun 1832 Maseh.

“Kalau berdasarkan cerita gedung itu merupakan kantor pemerintahan pertama (Keresidenan) dijaman pemerintahan Hindia Belanda, ” jelas Kompol Edi Qorinas.

Sebagai bangsa yang besar, menghargai jasa pahlawanya juga mengenal sejarah para pendahulu kita.

“Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawanya, ” ujar Kapolsek.

BACA JUGA:  Mardiana Musa Harapkan Gerakan Gemar Membaca Ditingkatkan

Kapolsek berharap kepada seluruh masyarakat, untuk bersama-sama menjaga, merawat gedung bersejarah tersebut. Karena gedung itu merupakan bukti sejarah.

Sebagai masyarakat Lampung dan masyarakat luas lainya kita harus mengetahui sejarah. Kita semua bisa mengetahui bahwa gedung pemerintahan pertama di Lampung ada di Kampung Terbanggibesar, Lampung Tengah.

Kapolsek mengisahkan pada pidato terakhir Presiden Republik Indonesia pertama, yakni Or. Soekarno 17 Agusutus 1966, mengungkapkan semboyan ” JASMERAH” jangan sekali kali melupakan sejarah.

“Mari kita jaga dan kita rawat bukti-bukti sejarah yang ada agar anak cucu kita bisa mengetahui sejarah gedung pemerintahan pertama di Provinsi Lampung ada di Kampung Terbanggibesar Kabupaten Lampung Tengah, ” pungkasnya. (Gunawan)