Polres Tanggamus Laksanakan Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Krakatau

10

TANGGAMUS–Pastikan kesiapan Operasi Ketupat Krakatau 2024, Polres Tanggamus melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Pemda Tanggamus dipimpin Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser, Rabu (03/04/2024).

Apel gelar pasukan ini merupakan wujud nyata Sinegritas Polri dengan Stakeholder terkait dalam rangka mengamankan Mudik dan perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H yang disenggelarakan mulai tanggal 04 – 16 April 2024.

Guna meyakinkan kesiapan personel, Kapolres didampingi Forkopimda memeriksa satu persatu pasukan dimulai peleton TNI, Polri, Dishub, Pol PP, BPBD, RAPI, Senkom dan Pramuka.

Kendaraan baik roda dia maupun roda empat, pendukung operasional Operasi Ketupat Krakatau 2024 yang dimiliki Polres Tangggamus, BPBD, Dinas Kesehatan hingga milik Dishub tak lupa diperiksa kesiapannya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Kapolres AKBP Rinaldo Aser melakukan penyematan pita tanda operasi kepada perwakilan TNI Kodim 0424 Tanggamus, Polri, Dishub dan Satpol PP Tanggamus.

BACA JUGA:  Pemdes Kekatang Gelar Musdes Penyusunan RKPDes 2024

Di hadapan peserta, Kapolres AKBP Rinaldo Aser membacakan Amanat Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., dan menjelaskan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Ops Ketupat 2024.

“Pengecekan sebagai komitmen nyata sinergitas TNI Polri dengan stakeholder terkait dalam rangka Pengamanan mudik dan perayaan hari raya Idul Fitri 1445 H,” kata AKBP Rinaldo Aser.

Kapolres melanjutkan, dalam operasi tersebut disamping menjamin Kamseltibcarlantas juga menjaga situasi Kamtibmas melalui berbagai kegiatan seperti patroli pada jam rawan.

“Untuk mewujudkannya, tentunya menghadirkan personel di tiap tempat keramaian dan tempat ibadah terutama pada pelaksanaan sholat Idul Fitri yang melibatkan TNI-Polri, Ormas, serta Mitra Kamtibmas lainnya,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan, Operasi Ketupat Krakatau 2024 merupakan operasi terpusat yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan mengedepankan fungsi preventif, kemudian juga didukung dengan penegakan hukum.

BACA JUGA:  Bupati Adipati Hadiri Deklarasi Damai Calon Kakam di Blambangan Umpu

“Tujuannya adalah terjaminnya, rasa aman bagi masyarakat selama pelaksanaan bulan puasa, kemudian lebaran dan pasca hari raya Idul Fitri. Juga terjaminnya stabilitas harga dan ketersediaan bahan pokok penting serta BBM harus tetap terjaga,” jelasnya.

Kesempatan itu, Kapolres berharap agar tetap memperkuat sinergisitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun stakeholder terkait dalam pelaksanaan kegiatan.

“Karena hal tersebut merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2024,” tandasnya.

Pada pelaksanaan apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 ini dihadiri oleh Dandim 0424 Tanggamus diwakili Kasdim Mayor Inf Sholikul Ma’ruf, Pj Bupati Tanggamus diwakili Asisten 1, Suadi, Plt. Kadis Kominfo Suhartono, FKUB serta perwakilan Forkopimda muapun Ketua organisasi kemasyarakatan. (HL-*/andi)