Pj. Bupati Tanggamus Hadiri Pembukaan Karya Bakti TNI di Kecamatan Pulau Panggung

20

TANGGAMUS— Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan menghadiri Pembukaan Karya Bakti TNI Tahun Anggaran 2024 oleh Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Way Ilahan Kecamatan Pulau Panggung, Senin (20/05/2024).

Dandim 0424/Tanggamus, Letkol inf. Vicky Heru harsanto menyampaikan, Karya Bakti ini merupakan salah satu bagian dari pembinaan Teritorial TNI dengan tujuan untuk membangun solidaritas yang kokoh antara sesama Prajurit TNI dengan komponen masyarakat, Pemerintah dan bisa lebih mempererat dengan harapan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Tujuan lain Karya Bakti TNI untuk menangani masalah masalah sosial dan kemanusiaan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membantu mensukseskan program sosial yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi di Wilayah Kodim 0424/Tanggamus khususnya di Tanggamus untuk melaksanakan sasaran fisik serta melaksanakan kegiatan non fisik.

“Saya berharap untuk pelaksanaan kegiatan Karya Bhakti TNI T.A. 2024 dapat berjalan secara Sinergitas, terpadu sehingga akhir dari kegiatan ini nanti nya dapat benar – benar mewujudkan dalam rangka maksimal, kesejahtraan masyarakat dan hasilnya darat dirasakan oleh Masyarakat,” Ujar Dandim.

Pj. Bupati Tanggamus dalam sambutannya menyampaikan, atas nama masyarakat Pekon Way llahan dan jajaran Pemkab Tanggamus, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Dandim dan seluruh personil Kodim 0424/Tanggamus yang akan melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI di wilayah Pekon Way Ilahan.

BACA JUGA:  Cegah Penyebaran Covid-19, Menhub Minta Pemudik Lakukan Rapid Antigen

“Saya merasa bangga dan apresiasi pelaksanaan Kegiatan Karya Bakti TNI ini, sebagai salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu, antara TNI dan Pemda yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat guna meningkatkan kegiatan pembangunan. Ini juga merupakan sebagai bentuk partisipasi TNI dalam pembangunan di daerah yang berdaya guna bagi kepentingan pembangunan, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Ada beberapa tujuan yang ingin diraih dalam pelaksanaan kegiatan Karya Bakti ini yaitu Sasaran Fisik dan non fisik.” kata Mulyadi Irsan.

Diketahui bahwa Kecamatan Pulau Panggung ini, merupakan daerah yang tempatnya strategis, memiliki Wilayah yang luas dengan jumlah penduduk yang cukup besar, untuk itu diperlukan prasarana peningkatan pembangunan sarana sehingga dapat mendukung secara umum kegiatan dan aktifitas sehari-hari masyarakatnya.

Dilanjutkan Pj. Bupati kami dari Pemkab Tanggamus mengeluarkan Surat Keputusan Bupati Tanggamus Nomor : B.112/34/08/2024 Tentang Penetapan Lokasi Kegiatan Karya Bakti TNI Tahun 2024 di Pekon Way llahan Kecamatan Pulau Panggung Kabupaten Tanggamus.

“Harapan Saya dengan kegiatan ini akan terjadi peningkatan pembangunan sarana dan prasarana di pekon, selain itu masyarakat pekon juga akan tergugah kesadarannya untuk bergotong-royong. dan berpartisipasi aktif dalam membangun daerahnya sendiri, masyarakat juga akan meningkat wawasan kebangsaannya, semakin disiplin dan tertib hukum,” ujarnya.

BACA JUGA:  Penyandang Disabilitas di Pringsewu Dilatih Membatik

“Serta saling menjaga stabilitas keamanan wilayah pekon, selain tentunya pembangunan fisik dan non fisik dilaksanakan akan meningkatkan perekonomian warga masyarakat. Demikian yang dapat saya sampaikan, selanjutnya dengan ucapan Bismillahirahmanirahim, Karya Bakti TNI Kodim 0424/Tanggamus Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan “DIBUKA” Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan serta melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua,” tukas Pj. Bupati Tanggamus.

Selanjutnya, Rencana Sasaran Karya Bakti TNI T.A 2024 di Pekon Way ilahan Sebagai berikut :
– Kegiatan Fisik
Pembukaan Badan Jalan Panjang (P.2025m X Lebar 6m), Perkerasan Jalan Onderlagh (P =175 X L 3,5m, Pekerjaan Jembatan (P=5M x L=6M), Pekerjaan pasang talud sayap dan oprit jembatan (P= 80m), Pekerjaan Plat Duiker Type 150 ( P = 5m), Pekerjaan gorong gorong buis beton ( Diameter 40Cm P = 5m ), Pekerjaan Bronjong ( P = 70m x T = 2m).

Kemudian kegiatan Non Fisik diantaranya:
Penyuluhan Pencegahan Stunting, Penyuluhan tentang UMKM , Penyuluhan Pemberdayaan pemuda melalui Karang Taruna , penyuluhan tentang Literasi Digital dan UU ITE, Penyuluhan transformasi pendidikan yang menyenangkan, Penyuluhan Manfaat KB Kes Pro bagi keluarga, Sosialisasi Pilkada, Penyuluhan mekanisme penerimaan Bansos, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Bela Negara, Pembagian Sembako gratis, Pelayanan sunatan masal, Pelayanan administrasi Kependudukan, Pelayanan KB kesehatan ,dan Pelayanan pengobatan Gratis,” Ujarnya. (HL-*/andi)