Bupati Dendi Tinjau Lokasi Terdampak Banjir

11

PESAWARAN – Banjir merendam sejumlah rumah di Kecamatan Padang Cermin dan Kecamatan Marga Punduh Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung.

Hujan dengan intensitas tinggi yang turun pada hari Jumat (24 Mei 2024) malam menyebabkan meluapnya sungai Way Punduh di Kecamatan Marga Punduh serta sungai Way Gayau dan Way Serdang di Kecamatan Padang Cermin.

Hal itu mengakibatkan sejumlah rumah warga, sekolah, dan fasilitas umum terendam dengan ketinggian 60 – 150 cm.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona bersama Sekretaris Daerah Wildan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait turun ke lapangan untuk meninjau dan memberikan bantuan.

Bupati Dendi menjelaskan selain sejumlah rumah dan fasilitas umum, banjir juga mengakibatkan satu rumah hanyut terbawa arus serta jembatan dan jalan terputus.

“Satu jembatan putus di Desa Banjaran Kecamatan Padang Cermin dan satu lagi jembatan serta di tambah satu jalan putus di Desa Suka Jaya Punduh Kecamatan Marga Punduh,” ucap Bupati Dendi, Sabtu (25/05/2024).

BACA JUGA:  Kelangkaan Gas Elpiji Makin Parah, Warga Lampung Utara Resah

Sampai saat ini terpantau hujan sudah reda dan rendaman berangsur turun.

Bupati Dendi melalui BPBD Kabupaten Pesawaran telah turun dan memberikan bantuan makanan dan obat – obatan.

“Dari semalam Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Pesawaran telah turun langsung memantau dan mengevakuasi para korban. Dan kami juga telah memberikan bantuan pangan, obat obatan serta akan mendirikan posko untuk memantau kesehatan masyarakat terdampak,” ujarnya.

Lebih lanjut, Orang nomor satu di Kabupaten Pesawaran itu menyampaikan robohnya jembatan Way Awi di Desa Sukajaya Punduh akan ditangani secara darurat.

Melalui Dinas PUPR, pihaknya memberikan solusi sementara dengan penanganan darurat untuk akses dan mobilitas masyarakat.

Penanganan darurat itu dilakukan dengan cara melakukan penyanggaan pada besi H-Beam.

BACA JUGA:  Pemkab Lampura Luncuran Digital Smart School

“Karena, Kerusakan yang terjadi pada jembatan tersebut memerlukan waktu yang lama apabila dilakukan perbaikan secara permanen,” terang Bupati.

Sementara itu, Kepala Desa Sukajaya Punduh Tohir mewakili warganya mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona beserta Pemerintah Kabupaten yang telah responsif terhadap musibah yang menimpa warganya.

“Alhamdulillah kita punya Bupati yang peka dan peduli terhadap warganya. Seperti halnya hari ini, pak bupati beserta jajaran terjun langsung meninjau jembatan roboh di Desa Kami, ” kata Tohir.

Tohir menjelaskan, bahwa jembatan itu merupakan akses penghubung dengan desa tetangga yaitu Desa Maja . Dimana, banyak aktivitas masyarakat yang melewati jembatan, terutama anak-anak yang ingin pergi ke sekolah.

Terlihat turut meninjau, Komandan Brigif 4 Mar Piabung, perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Mesuji Sekampung dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pesawaran. (HL-Yudhi)