Ketua DPRD Lampura Wansori Hadiri Pelantikan 741 PPS

27

LAMPUNG UTARA-Ketua DPRD Lampung Utara Wansori menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah 741 Panitia Pemungutan Suara (PPS), di Aula Islamic Center Kotabumi Selatan, Minggu (25/05/2024).

Selain dihadiri Ketua DPRD Wansori, hadir pula perwakilan unsur forkopimda, komisioner KPU, dan para camat.

Ketua DPRD Lampung Utara Wansori mengatakan dirinya mengucapkan selamat atas dilantiknya para anggota PPS se-kabupaten Lampung Utara. Diharapkan para PPS dapat berkerja sebaik mungkin sesuai peraturan yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Selamat bekerja semoga berhasil dalam menjalankan tugas. Bekerja profesional sesuai dengan peraturan yang berlaku,” ujar Wansori.

Ketua KPU Lampung Utara Aprizal Ria mengatakan anggota PPS direkrut dari 247 desa/kelurahan yang tersebar di 23 Kecamatan di kabupaten Lampung Utara. Masing-masing desa/kelurahan terpilih sebanyak 3 orang anggota PPS.

“Hari ini 741 anggota PPS diambil sumpah sekaligus mengikuti bimtek. Mulai tanggal 26 Mei mereka resmi bekerja,” ujar Aprizal Ria didampingi Komisioner KPU Yansen Atik dan Teddy Yunada usai melaksanakan prosesi pelantikan dan bintek PPS tersebut.

BACA JUGA:  Pesta Rakyat ABDY Jilid II, Hadirkan Goyang Duo Intan di Metro

Aprizal menjelaskan seluruh anggota PPS di setiap desa/kelurahan akan bekerja sesuai dengan juklak juknis pelaksanaan tahapan pilkada diantaranya membentuk Ketua dan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sudah direncanakan.

PPS juga melakukan pemuktahiran data pemilih di setiap desa/kelurahan tempat mereka bertugas.

“Kita berharap PPS dan PPK dapat bekerja profesional, saling berkolaborasi dan bersinergi dalam menyukseskan setiap tahapan pilkada baik pilkada bupati maupun pilkada gubernur,” tambahnya.

Sementara ditempat sama, Komisioner KPU Yansen Atik menjelaskan jumlah TPS dan daftar mata pilih dalam pilkada bupati dan gubernur akan terjadi perubahan jumlah.

BACA JUGA:  Plt Bupati Lampura : Kunci Kesuksesan Berkat Doa Ibu

Jumlah daftar mata pilih di setiap TPS akan menjadi 600 mata pilih. Sedangkan jumlah TPS sendiri, akan berkurang sekitar 50 persen. Hal ini berbeda dengan pemilu legislatif dan presiden yang telah lalu.

“Tentu ada perubahan. Jika pileg dan pilpres jumlah TPS mencapai 1.950 lebih TPS, saat pilkada bisa menjadi berkurang sekitar 50 persen atau sekitar 900-an TPS. Begitu pun untuk mata pilih yang pileg 300-an, pada pilkada bisa mencapai 600 mata pilih di setiap TPS,” jelasnya.

Sementara sebelumnya beberapa hari lalu, KPU Lampung Utara juga telah mengambil sumpah melantik dan menggelar bintek untuk 115 anggota PPK untuk 23 Kecamatan se-Lampung Utara.

Ke-115 anggota PPK tersebut dilantik Hotel Graha Wisata, Kecamatan Abung Selatan, Lampung Utara. (HL-DRA)