Tergabung dalam Kloter JKG 33, Jemaah Haji asal Kota Metro Tiba di Jeddah

47

METRO-Jemaah Haji asal Kota Metro dan Lampung Timur yang tergabung dalam Gelombang II Kloter JKG 33 tiba di Jeddah, Arab Saudi, Senin 27 Mei 2024, sekitar pukul 07.15 waktu setempat.

 

Petugas Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) Kota Metro, Eka Syafrianto melaporkan, seluruh jemaah dalam kondisi sehat wal afiat. Dimulai sejak masa medical cek up hingga pemberangkatan. Adapun, jadual pemberangkatan calon jamaah haji Kota Metro bermalam di Asrama Haji Rajabasa melakukan rangkaian proses cek kelengkapan berkas dan kesehatan serta memastikan para jamaah layak terbang.

 

Kemudian, jemaah sudah memakai kain ihram sejak dari Asrama Haji Rajabasa pada Minggu (26/05/2024) pukul 17.55 WIB kemudian berangkat ke Bandara Radin Intan terdiri dari 355 orang jemaah Kota Metro dan 29 jemaah dari Lampung Timur serta 2 orang Pendamping Ibadah Haji (PIH), 3 orang tenaga kesehatan, dan 2 orang Pendamping Haji Daerah (PHD). “Total keseluruhan 391 orang jemaah yang layak terbang, sesampainya di Bandara Soekarno-Hatta dilanjutkan terbang ke Arab Saudi pukul 00.55 WIB sampai di Jeddah dengan selamat sehat wal afiat pukul 07.15 di Bandara King Abdul Aziz,” kata Eka Syafrianto, Selasa (28/05/2024).

BACA JUGA:  Diduga Pegawai Reaktif Covid-19, Pelayanan Samsat Kotabumi Dihentikan Hingga 29 April 2021

 

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Metro itu meneruskan, sesampainya di Jeddah semua jemaah bisa melaksanakan ibadah umrah wajib, dimulai pukul 16.30, jemaah pun dapat menyesuaikan suhu di Arab Saudi meskipun kondisi suhu mencapai 40°C. Dan hingga hari ini, Selasa (28/5) jemaah sedang beribadah sembari menunggu ibadah inti yaitu ibadah haji. “Suhu di Arab Saudi memang cukup panas di sini mencapai 40 derajat namun jemaah bisa menyesuaikan waktu ibadah rata-rata habis ashar atau habis magrib,” jelasnya.

BACA JUGA:  Gantikan Rahmat, Midian Jabat Kasi Pengelolaan Barang Bukti dan Barang Rampasan Kejari Metro

 

Menurutnya, rangkaian umrah wajib ini dimulai dari tawaf saai sampai dengan tahalul, yang mana hampir semua jamaah yg tergabung dalam kloter 33 JKG sudah melakukan umroh wajib dan dalam kondisi terjaga kesehatannya.

 

Sebelumnya, jemaah haji asal Kota Metrodilepas oleh Walikota setempat, Wahdi, Sabtu (25/05/2024) di Masjid Taqwa Kota Metro. Karena kloter JKG 33 termasuk dalam gelombang II, jemaah calon haji Kota Metro langsung diberangkatkan dan tiba ke Mekkah, tepatnya di Hotel Emmar El Taqwa Sektor II Sektor Mekkah. (HL-dwi)